Kesadaran Masyarakat Aceh Selatan Minim, Kasus Positif Covid-19 Meningkat Signifikan

oleh -185 views

ACEH SELATAN – Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga kasus positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan semakin meningkat.

Selain itu semakin minimnnya da masifnya pemeriksaan swab yang dilakukan di Kabupaten Aceh Selatan.

Demikian dikatakan Sri Milda SKM juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Selatan kepada wartawan di Tapaktuan, Rabu (16/9/2020) terkait peningkatan signifikan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah Kabupaten Aceh Selatan.

Pasalnya, sejak pertama kali virus ini ditemukan pada bulan Juni lalu, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah yang terkenal dengan hasil palanya, terus mengalami peningkatan, ditandai dengan terus bertambahnya pasien setiap harinya.

Data per 15 September 2020 jumlah kasus terkonfirmasi positif di daerah itu, sebanyak 155 orang. Hingga Selasa pagi pasien yang meninggal dunia 13 orang, pasien yang dirawat 2 orang, pasien terkonfirmasi menjalani isolasi mandiri 66 orang dan pasien sembuh berjumlah 74 orang.

“Penambahan pasien terkonfirmasi positif rata-rata dari beberapa klaster local. Guna menekan penyebaran viris corona, kami mengharapkan masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker jika keluar rumah, menjaga jarak serta selalu mencuci tangan, serta untuk menghindari dari kerumunan,” kata Sri.

Menyikapi hal ini MPC Pemuda Pancasila, Yose rizal mengharapkan seluruh stake holder terlibat aksi mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Kecendrungan masyarakat abai dalam hal ini karena yang dilawan tidak kelihatan namun berdampak pada kematian. Karenanya terkait dengan kekhususan Aceh Negeri Syariat, kiranya para ulama dan tokoh agama turut berperan aktif selain melalui himbauan,” ujar Yose rizal ketua MPC PP Aceh Selatan.

Reporter : YUNARDI