Medan

Kesbangpol Sumut Gelar Sosialisasi Etika dan Budaya

Medan -ORBIT: Pelaku politik  perlu Etika dan Budaya  agar demokrasi kita bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan suasana kondusif di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Sumut Suriadi Bahar SH MH ketika membuka acara Sosialisasi Etika dan Budaya Politik dengan tema ‘Etika Budaya Politik Pada Pilkada Serentak 2018’ Senin (7/5/2018) di Hotel Grand Kanaya Medan.

Kesbangpol Sumut sebut Suriadi selaku instansi yang berhubungan langsung dengan partai politik sangat berkepentingan agar perilaku politik kita menjunjung etika dan budaya yang sesuai dengan karakter bangsa kita sehingga ketika terjadi pesta demokrasi seperti Pemilu dan Pilkada bisa menjadi baik tidak terjadi huru-hara sehinga menimbulkan suasana tidak kondusif.

Suryadi mengungkapkan bahwa persoalan Etika dan Budaya merupakan persoalan dasar yang kerap kita jumpai dalam kehidupan kita bermasayarakat namun harus selalu kita sosialisasikan agar kita tidak lupa dalam menjujung tinggi etika yang sudah disepakati bersama.

“Beberapa hari ke depan kita akan mencoblos untuk menentukan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut lima tahun mendatang. Kami berharap seluruh partai politik bisa menyampaikan ketika melakukan pencoblosan menjunjung tinggi etika yang sudah ditetapkan,” kata Suriadi.

Dalam penegakan demokrasi sebut Suriadi sesungguhnya bukan peran pemerintah semata akan tetapi merupakan peran aktif dari masyarakat yang disalurkan melalui partai politik organisasi kemasyarakatan, pemuda dan mahasiswa.

“Nah sosialisasi  ini merupakan dari penegakan demokrasi tersebut. Narasumber dalam kegiatan ini sengaja kita hadirkan dari KPU dan Bawaslu Sumut yang merupakan penyelenggara Pemilu dan Pilkada dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut. Sosialisasi ini diharapkan menghasilkan perubahan Etika dan Budaya Politik  partai politik khususnya dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak 2018 mendatang,” kata Suriadi.

Sebelumnya Kabid Pembinaan Politik Dalam Negeri Fajri Efendi Pasaribu SH yang juga sebagai panitia pelaksana melaporkan bahwa sosialisasi ini diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari seluruh pengurus partai politik di Sumut ditambah dari organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan.

“Diharapkan dengan sosialisasi ini seluruh peserta bisa memahami makna etika dan budaya politik sehingga bisa menyukseskan Pilkada serentak 2018,” kata Fazri.

Hadir dalam sosialisasi itu narasumber yakni  Komisioner KPU Sumut Ir Benget Manahan Silitonga, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan, Ketua FKUB Sumut Dr Maratua Simanjuntak.Sementara sejumlah pengurus partai politik yang hadir diantaranya Pengurus Partai Berkarya Sumut, Partai Perindo, Partai Garuda Sumut, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKPI, pengurus Ormas dan Organisasi kepemudaan dan Mahasiswa. Or-13

Komentar Facebook

Artikel Terkait