Komisi VII DPR RI Kunker ke PT SMGP

Komisi VII DPR RI kunker di Wilayah kerja PT SMGP di Kabupaten Madina Jum’at, (10/6/2022). Foto/Ist
Komisi VII DPR RI kunker di Wilayah kerja PT SMGP di Kabupaten Madina Jum’at, (10/6/2022). Foto/Ist

Komisi VII juga tidak memungkiri bahwa kehadiran SMGP telah memberikan dampak yang positif dalam perekonomian masyarakat sekitar.

Maman menjelaskan DPR RI akan mendorong upaya perbaikan aturan pengawasan teknis pada operasi panas bumi, salah satunya dengan melibatkan SKK Migas untuk melaksanakan “technical review” program pengeboran dan pengembangan sumber panas bumi. Komisi VII mendorong penyelesaian berkeadilan terhadap permasalahan sosial yang diakibatkan kejadian semburan lumpur liar di SMGP pada tanggal 24 April.

Komisi VII dan Forkopimda Madina juga melihat adanya kebutuhan mendesak bagi SMGP terkait pembebasan lahan sekitar area sumur yang memiliki tingkat resiko operasi yang tinggi, untuk selanjutnya menggunakan lahan tersebut sebagai zona penyangga (buffer zone).

Dalam kesempatan tersebut, Riza Pasikki, CTO COO SMGP menyampaikan bahwa SMGP berkomitmen dalam lakukan perbaikan berkelanjutan dan menyeluruh, meliputi sisi operasional demi kehandalan operasi, dan keselamatan kerja. SMGP juga bekerja sama dan musyawarah dengan Forkopimda untuk menyelesaikan persoalan sosial.

Selain itu, KS Orka Renewables sebagai perusahaan induk SMGP telah menunjukkan komitmen tinggi dalam investasi di proyek strategis SMGP, dengan berkontribusi pada ekonomi daerah serta mendongkrak Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).