KPK Sita Kebun Sawit Milik Tersangka Nurhadi di Palas

oleh -398 views

PALAS – Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) kembali melakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi terkait kasus suap dan gratifikasi Tindak Pidana Korupsi yang melibatkan mantan Sekretaris Mahkamah Agung ( MA) Nurhadi di kantor Kejaksaan Negeri Padanglawas Selasa (11/8/2020).

Pelaksana tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya pemeriksaan sejumlah saksi sekaligus penyitaan barang bukti yang telah memperoleh izin dari Dewan Pengawas KPK.

“Adapun agenda yang akan dilaksanakan oleh Tim Penyidik KPK yaitu, pemeriksaan saksi-saksi termasuk penyitaan barang bukti yang telah memperoleh izin dari Dewan Pengawas KPK, yakni dokumen-dokumen dan beberapa lahan kelapa sawit yang berada di wilayah Kabupaten Padang Lawas,” ungkap Ali Fikri Selasa (11/8/2020).

Ali Fikri menjelaskan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Kristanti Yuni Purnawanti (Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas, Sumatera Utara) untuk melanjutkan proses penyidikan perkara TPK suap dan gratifikasi terkait dengan perkara di Mahkamah Agung pada tahun 2011-2016.

Koordinasi ini dilakukan dalam bentuk peminjaman ruang kerja sebagai tempat pemeriksaan saksi-saksi dan juga bantuan pengamanan dari personil Kejaksaan Negeri Padang Lawas. 

Diketahui sebelumnya tim Penyidik KPK sudah beberapa kali turun ke Padanglawas guna memeriksa saksi dan menelusuri aset kebun sawit Nurhadi mantan sekretaris Mahkamah Agung (MA).

Selain mengecek aset  penyidik juga telah memeriksa sejumlah pihak menjadi saksi perkara Nurhadi. Mulai dari kepala desa, notaris, pegawai kantor pertanahan.

Reporter : Firdaus Hasby Hasibuan