Medan

KPU Sumut Buka Posko Layanan Melindungi Hak Pilih

Medan-ORBIT: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara bentuk posko pelayanan berguna untuk melindungi hak pilih pada demokrasi tahun 2019 mendatang. Posko ini berada di Biro Administrasi Umum Kampus Utama UMSU, Jalan Kapten Muchtar Basri No. 3 Medan.

Sebelumnya Universitas HKBP Nommensen dan UISU sudah terlebih dahulu disambangi oleh pihak KPU Sumut, sedangkan UMSU merupakan kampus ketiga. Dalam agendanya, posko pelayanan ini sendiri sudah berlangsung dari tanggal 1-28 Oktober 2018 nantinya akan mendatangi empat universitas lagi di Sumatera Utara.

Ali Agasi, tenaga pendukung KPU mengatakan bahwa gerakan ini dilakukan selain untuk melindungi hak pilih juga untuk mengecek data ganda.

“Tujuan layanan ini untuk mengecek data pemilih dan menghindari data ganda. Selain itu kita juga mengetahui di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mana kita nantinya memilih pada saat Pemilu 2019,” ujar Ali.

Ia mengajak seluruh Mahasiswa dan Civitas Akademika UMSU untuk datang dan mengecek hak pilihnya. Hal ini agar memastikan agar semua lapisan menggunakan hak pilihnya secara maksimal.

“Posko pelayanan di sini berlangsung selama dua hari di UMSU yaitu pada 10-11 Oktober 2018 tutup jam 17.00 WIB. Dengan mengecek data pemilih, maka nantinya data jelas. Karena data pemilih itu sangat penting dalam dalam proses Pemilu 2019 nanti,” katanya.

Salah satu Mahasiswa Fakultas Pertanian, Aris Sunandar menanggapi gerakan melindungi hak pilih ini. Menurutnya, gerakan tersebut bagus guna menyemarakkan semangat mahasiswa dan Civitas Akademika UMSU untuk tidak golput nantinya.

“Ya gerakan ini sangat bagus, suatu terobosan baru untuk melindungi hak pilih. Dengan adanya data pemilih yang jelas maka Pemilu akan berjalan. Selain itu mengingatkan juga betapa pentingnya ikut dalam Pemilu untuk perubahan bangsa yang lebih berdaulat,” pungkas Aris.

Untuk menambah daya tarik mahasiswa dan civitas akademika UMSU agar mengecek hak pilihnya, pihak KPU Sumut memberikan pulpen atau pin gratis sebagai tanda terima kasih. CW-Agg

Komentar Facebook
Tags

Artikel Terkait