Medan  

KPU Sumut Resmi Tutup Pendaftaran Balon Perseorangan Gubsu

KPU Sumut Tutup Pendaftaran

MEDAN | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut secara resmi menutup penerimaan pendaftaran bakal calon perseorangan pasangan Gubernur Wakil Gubernur Provinsi Sumut pada Ppilkada serentak 2024.

Penutupan dilakukan tepat pukul 23.57 WIB hari terakhir pedaftaran sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Ketua KPU Provsu Agus Arifin yang dihadiri dan disaksikan anggota KPU Jhon Rahmat Zebua anggota Bawaslu Provsu Joko Sekretaris KPU Provsu Sapran Daulay Kabag Teknis dan Hupmas Maruli Pasaribu Kasubag Teknis Agus serta undangan lainnya bertempat diaula KPU Provsu jalan Perintis Kemerdekaan Minggu malam (12.05.2024)

Agus Arifin dalam sambutan penutupan acara mengatakan pendaftaran bakal calon perseorangan Gubernur Wakil Gubernur Provinsi Sumut pada pilkada serentak 2024 telah dilaksanakan KPU sesuai jadwal yang telah ditentukan

“Pada malam ini tepatnya tanggal 12 Mei 2024 pikul 23.57 WIB secara resmi KPU menutup pendaftaran balon perseorangan.” tegas Agus Arifin.

Adapun dasar dilaksanakannya pembukaan pendaftaran balon Gubernur Wakil Gubernur Sumut sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Gubernur Wakil Gubernur Bupati Wakil Bupati dan Walikota Wakil Walikota pada pilkada serentak 2024.

Dari proses waktu pembukaan tidak ada satupun pasangan calon yang resmi memdaftar sesai sarat dukungan yang telah ditetapkan yaitu 814.046 dukungan atau sama dengan 7.5 persen yang telah diatur pada UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur Bupati Wakil Bupati dan Walikota Wakil Walikota.

“Sekitar pukul 23.30 ada salah satu yang mendaftar tapi hanya membawa sarat dukungan foto copy e KTP berjumlah 10.000 dan tidak bisa memenuhi sarat dukungan 814.046.” ungkap Agus Arifin.

Sementara itu anggota Bawaslu Joko mengatakan telah menjadi tugas Bawaslu untuk mengawasi proses pendaffaran balon pasangam Gubernur Wakil Gunernur Sumut pada pilkada serentak 2024

Pengawasan itu tidak saja pada proses pendaftaran paslon tetapi Bawaslu juga melihat dan mengawasi sarana dan prasarana yang disiapkan dalam mendukung selama proses pendaftaran .

“Semenjak pembukaan pendaftaran 8 s/d 12 Mei 2024 pada malam ini sesuai laporan KPU tidak ada satupun balon pasangan Gubernur Wakil Gubernur resmi mendaftar.” pungkas Joko.

Acara penutupan pendaftaran balon pasangan Gubernur Wakil Gubernur Sumut jalur perseorangan diakhiri dengan penyerahan dokumen pada Bawaslu Sumut.

Reporter : AM Tanjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *