Headline

Kritik Camat Soal KTP Djarot, DPRD Sumut Sesalkan Sikap Mendagri

Medan-ORBIT: Pembahasan soal Kartu Tanda Penduduk (KTP) Calon Gubernur Sumatra Utara, Djarot Saiful Hidayat yang dikeluarkan Disdukcapil Kota Medan kembali menjadi pembahasan.

Belakangan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo pun ikut angkat bicara soal KTP Djarot yang dikeluarkan Disdukcapil Kota Medan.

Disadur dari detik.com, Minggu (10/6/2018) Mendagri menyebut pernyataan M Agha Novrian, camat Medan Polonia tidak tepat. Mendagri menyebut “Dia (Djarot) harus membawa surat pindah dari asalnya ke kelurahan, nanti dari kelurahan diteruskan ke camat setelah ada rekomendasi dari kecamatan baru kita rekomendasi ke Disdukcapil, tidak tepat dan menunjukkan bahwa tidak memahami perkembangan pelayanan Dukcapil yang tidak lagi mensyaratkan pengantar RT/RW, lurah/kades, dan camat dalam pengurusan dan penerbitan KTP-el, kecuali pengurusan dan penerbitan KTP-el untuk pertama”.

Baca Juga: Camat Polonia Bantah Terima Berkas Pengurusan KTP Djarot

Pernyataan Mendagri tersebut pun mendapat komentar miring dari anggota DPRD Sumatra Utara, Muhri Fauzi Hafiz.

Politisi Demokrat tersebut mengatakan, seharusnya Mendagri itu memotivasi camat yang sudah menjelaskan prosedur yang resmi urus e-KTP. Bukan langsung menyalahkan.

“Saya memuji sikap jujur camat yang bersangkutan. Berani, jujur bahwa dirinya tidak ada mengurus e-KTP Djarot, ini sikap ASN yang patut diacungi jempol,” ujarnya.

Muhri yang merupakan wakil ketua Komisi A yang membidangi pemerintahan itu, mengatakan, harusnya Mendagri bukan hanya menjelaskan persoalan KTP Djarot.

Namun kata dia, Mendagri harus mendorong Disdukcapil agar ribuan warga di Kota Medan yang belum dapat e-KTP bisa segera dapatkan pelayanan yang sama seperti Djarot.

“Faktanya sampai saat ini, ada ribuan orang Medan yang belum dapat e-KTP. Masyarakat yang sudah bertahun-tahun hanya memegang SUKET dan e-KTPnya belum siap juga,” bebernya.

Jadi kata dia, keterangan pernyataan camat tersebut tidak perlu disalahkan.

“Saya meyakini banyak orang jujur yang sedang bekerja keras meyakinkan masyarakat bahwa berurusan dengan aturan yang berlaku pasti jauh lebih mudah dan aman,” katanya.

Baca Juga: KTP Djarot Pindah ke Medan, Saharuddin: Secepat Kilat Ya

Diketahui sebelumnya, Djarot telah resmi memiliki KTP Medan.

Mantan walikota Blitar dan wakil gubernur DKI Jakarta dan gubernur DKI Jakarta itu tinggal di Jalan Kartini, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan tepatnya di samping supermarket Brastagi. Or-10

Komentar Facebook
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait