Sumatera Utara

KTU Dinas ESDM Wilayah IV Imbau Rekanan Tidak Beli Material Ilegal, Ini Alasannya

Rantauprapat-ORBIT: Dinas ESDM Cabang Wilayah IV mengimbau sekaligus meminta agar rekanan, pengusaha, perusahaan swasta dan milik pemerintah agar tidak membeli berbagai jenis material dari usaha penambangan ilegal.

Hal itu diungkapkan KTU Dinas ESDM Cabang Wilayah IV Zulkifli Perangin-angin, menanggapi pengerjaan proyek fisik di pemerintahan tengah berjalan.

Selaku mengawasi Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara (Labura), Asahan dan Tanjungbalai, Zulkifli mengingatkan bahwa larangan itu diatur dalam Undang-Undang nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Untuk itu, dipesankan agar rekanan pemenang tender proyek agar tidak membeli material dari usaha penambangan yang belum mengantungi izin,” jelas dia.

Dijelaskan KTU Dinas ESDM Cabang Wilayah IV itu, setiap orang yang menampung, memanfaatkan, melakukan pengolahan dan pemurnian, pengangkutan, penjualan mineral dan batubara yang bukan dari pemegang izin, akan dipidana penjara 10 tahun dan denda Rp10 miliar.

Dia juga mengakui, belakangan marak perbincangan hangat mengenai adanya rekanan pengerjaan proyek fisik yang menggunakan material dari usaha penambangan diduga tidak berizin, bahkan telah menjadi konsumsi pemberitaan media.

Komentar Facebook
1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait