Lestarikan Alam, Bupati Gayo Lues Tanam Pohon Pinus

oleh -408 views
Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru didampingi Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani, Ketua DPRK H Ali Husin dan Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan. orbitdigitaldaily.com

GAYO LUES – Bentuk upaya melestarikan alam di Kabupaten Gayo Lues yang berjuluk Negeri Seribu Bukit dan Negeri Seribu Hafizh. Pemerintah setempat bersama TNI dan Polri melakukan penanaman pohon pinus di Stadion Buntul Nege, Blangsere Kecamatan Blangkejeren sebanyak 1.500 batang.

Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru saat dikonfirmasi awak media menjelaskan, dari tahun sebelumnya, Pemerintah setempat sudah menggencar mengkampanyekan tentang sadar lingkungan dan tidak sembarang menebang pohon serta gemar menanam.

“Jauh sebelumnya kita sudah memprogramkan dana sebesar Rp.50.000.000 per desa untuk melakukan penghijauan dari dana desa,” kata Amru.

Sementara, Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani menyebutkan, dengan dilakukannya penanaman pohon pinus agar terus dijaga kelestariannya serta menjaga agar tidak terjadi lagi kebakaran – kebakaran hutan.

Ia menghimbau kepada seluruh petani sere yang menggunakan pohon pinus sebagai bahan bakar penyulingan agar dapat menjaga kelestarian pohon Pinus. Sebab, jika terus-menerus melakukan menebang maka yang ditakutkan akan terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir.

“Ini yang harus kita perhatikan, karna yang menerima dampaknya adalah masyarakat Gayo Lues itu sendiri, kalau bukan kita yang menjaganya siapa lagi,” sebut Said Sani.

Selain itu, Ketua DPRK Gayo Lues, H Ali Husin, sangat mendukung program penanaman pinus, salah satu bentuk dukungan dari DPRK terhadap lingkungan adalah dengan menyetujui Anggaran Pendapat Belanja Desa (APBdes) sebesar Rp.50.000.000 untuk penghijauan kampung.

“Kita tetap mendukung, kalau kita tidak mendukung dampaknya tidak kita inginkan, karna akan mudah terjadinya bencana alam seperti longsor, banjir dan kekeringan air,” sampainya.

Ali Husin menyarankan, kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon pada tempat yang dianggap tandus,” kalau bisa tanamlah pohon yang sesuai dengan tanah yang akan ditanami pohon,” sarannya.

Menambahkan, Kapolres Gayo Lues, AKBP Rudi Setiawan, mengatakan, program penghijauan ini adalah program dari Kapolri, namun sebelumnya, Polres Gayo Lues juga sudah melakukan penghijauan pada bulan Oktober lalu dengan menanam tanaman buah – buahan.

Dipilihnya Stadion Buntul Nege untuk titik lokasi penanaman pohon pinus, dikarenakan lokasi tersebut sangat gersang,” kalau pohon pinus kita tanam disini untuk program penghijauan, saya rasa akan lebih indah jika ditanam dengan teratur,” terangnya.

Untuk pemeliharaan akan dilakukan oleh anggota Polres dengan dibantu oleh pemerintah daerah,” anggota Polres akan merawatnya karna dekat dengan kantor, kemarin bapak Bupati juga sudah menyampaikan akan membantu untuk proses penyiraman air pagi dan sore,” ujarnya.

Reporter: Putra