Lomba Inai Boh Gaca Ramaikan PKA, Aceh Timur Berada di Posisi Kelima

oleh -43 views
Indah, peserta Aceh Timur yang mengikuti Lomba Boh Gaca di Mesium Rumoh Aceh Banda Aceh memerlihatkan lukisan gaca (inai) di tangannya.

Aceh Timur-ORBIT: Tradisi ukiran inai atau dikenal Boh Gaca di Aceh meramaikan gelaran Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 2018. Sebanyak 24 kabupaten-kota di Aceh mengikuti lomba ini di Mesium Rumoh Aceh, Banda Aceh, dan Kabupaten Aceh Timur sukses meraih prestasi di posisi kelima.

Perlombaan ini dibagi dalam empat gelombang, dan setiap gelombang diikuti enam kabupaten/kota. Semua kabupaten/kota memiliki ciri khasnya masing-masing. Terbaik pertama diraih Banda Aceh, terbaik kedua dan ketiga diraih Aceh Selatan dan Singkil. Urutan keempat, kelima dan keenam masing-masing diraih Bireun, Aceh Timur dan Aceh Barat.

“Acara ini dilaksanaka pada Rabu, dan pengumumannya malam hari. Aceh Timur dalam perlombaan ini berada di posisi kelima,” ujar Plt Sekda Aceh Timur, Zahri M.AP, Rabu (8/8/2018) malam.

Diharapkan, peserta dalam lomba lainnya terus mempersiapkan diri agar tampil lebih maksimal dalam setiap perlombaan adat budaya di PKA. “Masih banyak lomba dalam berbagai katagori yang diikuti, muda-mudahan Aceh Timur bisa tampil maksimal untuk meraih hasil yang lebih baik,” ujarnya.

Tidak sebatas mengikuti lomba, tapi banyak pelajaran yang dapat dipetik dari berbagai perlombaan adat dan budaya yang diikuti peserta. “Paling tidak kita sudah mengenal kembali adat dan tradisi budaya di Aceh, seperti adat Boh Gaca ini untuk pengantin wanita pada malam pesta perkawinan,” ujarnya.