‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ Wakili Indonesia di Oscar 2019

oleh -62 views

Sutradara ‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ Mouly Surya optimis karyanya punya tempat dalam ajang Academy Awards atau Oscar tahun ini.

‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ sekadar diketahui menjadi perwakilan Tanah Air untuk bersaing dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Mouly mengungkap Oscar dapat menjadi ajang yang mampu menggali potensi ‘Marlina’ ini secara maksimal.

“Dari 87 film-film tersebut di antaranya banyak film dari filmmaker-filmmaker yang saya sendiri kagumi, film-film high profile yang akan mendominasi prediksi nominasi Oscar. Tapi kalau melihat Marlina sendiri sebagai sebuah film punya daya tarik tersendiri, apalagi dengan support besar yang kami dapat dari HOOQ, juga dari Pusbang Kemendikbud, kami berharap bisa eksplor potensi Marlina sebaik-baiknya di Oscar,” ujar sutradara 38 tahun ini, dilansir detikcom.

Mouly ‘membaca’ jalan menuju nominasi Oscar tak hanya dinilai dari karya filmnya itu sendiri. Film yang bisa menembus nominasi Oscar diyakininya juga dipengaruhi beberapa faktor. Apa saja?

“Ini bukan soal film mana yang paling baik atau tidak, tidak sesederhana itu. Ada kekuatan kampanye, ada relevansi dengan konteks sosial politik di Amerika yang amat menjadi faktor besar biasanya, dan tentunya ada faktor keberuntungan. Jadi kita lihat saja,” tuturnya lagi.

Mouly pun berharap, ada dukungan nyata dari pemerintah terhadap ‘Marlina’.

“Indonesia selalu mengirim film sebanyak kurang lebih 19 film selama kurun waktu dari tahun 1987- 2017, tapi tidak pernah disertai support untuk kampanye secara penuh. Jadi alangkah baiknya ini bukan hanya menjadi proses belajar Marlina sebagai film, tapi juga buat Indonesia,” tukas Mouly.