Medan  

MIS Miftahul Jannah Membangun Pondasi Siswa yang Islami

Suasana rapat LPj MIS Miftahul Jannah Badan Kemakmuran Masjid Raya Miftahul Iman Jl Panglima Denai Medan Denai

MEDAN I Badan Kemakmuran Masjid Raya Miftahul Iman Jalan Panglima Denai Medan berharap, Madrasah Miftahul Jannah sebagai bidang sosial pendidikan dimiliki BKM, bisa mencetak siswa dengan SDM berpondasi Islami sejalan dengan kebutuhan yang semakin kompleks.

Harapan tersebut tertuang dalam rangkuman pada acara Laporan Pertanggungjawaban Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Miftahul Jannah, yang dilaksanakan di sekolah tersebut berada di Komplek Masjid Raya Mistahul Iman, Jumat (04/08/2023) malam bada Shalat Isya.

Acara tersebut dihadiri Ketua BKM H Syamsuri, Sekretaris BKM Kariadi Bakat, H Bisri Batubara MPd Bendahara, H Rahmat Efendi SSos Bidang Pembangunan, Drs Samingin MA Bidang Pendidikan dan Wagianto.

Sedanghkan dari pihak yayasan sebagai pengelola madrasah tampak hadir Ketua Yayasan MIS Miftahul Jannah Ustad Khairul Fahmi MPdI, Pengawas Ustad Ridwan Harahap MPd dan Ustad M Yusuf Siregar S Fil I, Kepala MIS Miftahul Jannah Surya Ibdrawati Prtistiwa Spd dan jajaran pendidik di madrasah tersebut.

Acara LPj tersebut dipandu oleh Zam Harif SPd (Sekretaris yayasan) ditandai dengan penyerahan hasil laporan terkait perkembangan madarasah dan rencana kerja yang dibukukan setiap satu semester. Berkas diserahkan oleh Kepala Madrasah kepada BKMR Miftahul Iman setelah mendapat persetujuan dari forum yang hadir.

Ketua Yayasan Ustad Khairul Fahmi MPdI didampingi Kepala MIS Miftahul Jannah Surya Indrawati P SPd selaku pengelola menyebutkan, antusias masyarakat terhadap pendidikan di madrasah tersebut dari tahun ke tahun menujukkan perkembangan cukup baik, terutama dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, setelah pihak BKM yang didukung masyarakat jamaah membangun sarana dan prasarana gedung sebagai penunjang proses balajar mengajar.

Anak Yatim Gratis

Jumlah siswa setiap tahun yang mendaftar selalu over kapasitas, sehingga mereka terpaksa membatasi yang mendaftar karena keterbatasan ruang belajar. Jumlah siswa yang dibina di sekolah berbasis islami tersebut menurut data sudah lebih dari 500 orang, dari jumlah tersebut puluhan siswa mengikuti pendidikan secara gratis karena berstatus sebagai anak yatim (dengan katagori tertentu).

Oleh sebab itu, mereka sebagai pengelola yayasan berharap tahun selanjutnya bisa dibangun ruang belajar baru sebagai antiisipasi minat siswa yang mendaftar untuk bisa sekolah di MIS Miftahul Jannah, tambah Wakil Kepala MIS Miftahul Jannah, Fadlansyah M Sos.

Menyahuti harapan pengelola yayasan tersebut, pihak BKMR Miftahul Iman selaku pemilik menyatakan siap dan akan mengambil langkah langkah strategis dalam rangka penyediaan ruang belajar baru dengan memanfaatkan lahan yang masih tersedia di lokasi masjid.

Ketua BKM bersama Bidang Pembangunan, Pendidikan, Bendahara dan lainnya akan melakukan koordinasi bersama para jamaah selaku pewakaf, sebagaimana selalu dilakukan untuk perbaikan sarana dan prasarana masjid, karena keberadaan madrasah merupakan bagian dari Masjid Raya Miftahul Iman dan pemberdayaannya untuk kemakmuran masyarakat sebagai jamaah.

Sekretaris Badan Kemakmuran Masjid Raya Miftahul Iman (BKMRMI), Kariadi Bakat SE pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi terhadap hasil dari LPj yang dilaksanakan.

‘Semangat pengelola yayasan, para guru dan staf di MIS Miftahul Jannah sungguh luar biasa. Berkembang jauh dibanding beberapa tahun sebelumnya yang kondisinya sangat memprihatinkan,’ sebut Kariadi Bakat.

Dia berharap untuk selanjutnya, agar semua pihak, stekholder ikut berkontribusi dan mendukung pertumbuhan sarana pendidikan milik umat tersebut, dengan membangun pondasi komunikasi dan informasi secara kompak sejalan dengan kebutuhan, tambahnya. OR – 07