Motivasi Siswa SMA Negeri 1 Babalan, Mahsin: Mau Sukses Sayangi Orangtua

oleh -1.144 views
Pendiri Harian Orbit, H Mahsin SH ketika memberikan motivasi kepada siswa-siswi kelas XII SMA Negeri I Babalan Langkat.

Langkat-ORBIT: Pendiri Harian Orbit dan www.orbitdigitaldaily.com H Mahsin SH memberikan motivasi kepada siswa dan siswi Kelas XII SMA Negeri I Babalan Kabupaten Langkat, Senin (22/10/2018) . “Belajar, belajar dan terus belajar serta sayangi kedua orangtua niscaya ananda sekalian sukses di masa yang akan datang,” kata Alumni angkatan tahun 81 ini.

Mahsin mengaku, apa yang Ia sampaikan merupakan pengalaman dari pejalanan hidupnya hingga saat ini. “Saya ini merupakan pendiri sekaligus pemilik Harian Orbit dan orbitdigitaldaily.com. Untuk mendirikan sebuah perusahaan pers tidaklah mudah karena harus melalui sejumlah rintangan yang sangat berat. Namun semua tantangan itu bisa ditaklukkan kalau kita mau bekerja keras dan berdoa kepada Allah SWT,” sebut Mahsin kembali.

H Mahsin SH berfoto bersama dengan guru dan siswa Kelas XII SMA Negeri I Babalan usai memberikan motivasi sekaligus pelatihan jurnalistik.

Untuk menjadikan Harian Orbit seperti saat sekarang ini, sebut Mahsin ada beberapa tahap yang ditempuh. “Pertama, saya bersama dengan kawan-kawan saya yakni Mayjen Simanungkalit, Hamdani Nasution, Kaya Hasibuan dan Almarhum Lukman Hakim Nasution merintis sebuah mingguan bernama suara barisan hijau yang terbit setiap Rabu. Selanjutnya kami membentuk Mingguan Orbit dan terbitlah Harian Orbit hingga saat ini,” katanya.

Sejalan dengan perkembangan zaman dan beralihnya pilihan bacaaan masyarakat dari media cetak ke elektronik maka Mahsin pun mendirikan berita online dengan nama orbitdigitaldaily.com. “Sempat terjadi pasang surut penerbitan koran bahkan tidak terbit beberapa bulan namun kami tetap bertahan sampai saat ini,” ujarnya lagi.

Mahsin menjelaskan untuk berhasil dan sukses tidak hanya perlu kepintaran dan ranking di kelas atau sekolah saja melainkan harus ditopang dengan hal-hal lain seperti organisasi, kreatifitas dan keterampilan individu. “Sebagai alumni saya memberikan kesempatan kepada anak-anak saya di sini untuk membuktikan kreatifitasnya dalam dunia jurnalistik dan menulis. Bagi yang berminat menjadi jurnalis silahkan datang ke Harian Orbit. Banyak mahasiswa yang bekerja sebagai jurnalis sambil kuliah dan akhirnya mereka sukses,” kata Mahsin.

Untuk menjadi wartawan saat ini tidaklah mudah sebab ada tahapan yang dilalui apalagi untuk saat ini Dewan Pers sudah membuat aturan yang mengharuskan wartawan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Bahkan perusahaan pers saat ini harus juga terverifikasi oleh Dewan Pers. “Alhamdulillah perusahaan pers yang saya pimpin dan wartawan yang bekerja di Harian Orbit sudah lulus uji kompetensi,” kata Mahsin.

Diakhir kata motivasinya Mahsin mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Kepala SMA Negeri 1 Babalan yang sudah mengundangnya untuk menjadi narasumber pada acara Pelatihan Jurnalis Program SMA Rujukan Tahun 2018. “Ini menjadi kehormatan bagi saya diundang sebagai narasumber karena saya merupakan alumni dari sekolah ini,” sebut Mahsin.

Usai memberikan motivasi dilanjutkan pelatihan jurnalistik dasar yang disampaikan oleh Wapemred Harian Orbit Syafii Sitorus. Dalam pelatihan terlihat siswa antusias mengikuti pelatihan. Bahkan siswa ditantang untuk mengirimkan tulisan ke Harian Orbit lewat email untuk dijadikan sebuah berita.

Hadir dalam acara tersebut Kepala SMA Negeri 1 Babalan Sudiatman dan Wakabid Humas Umar Sahputra. OR-03