MS Kaban Optimis Kilang Minyak Pangkalanbrandan Aktif Kembali

oleh -326 views
Pengurus Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalanbrandan dideklarasikan di kawasan wisata mangrove Pantai Tiram Desa Teluk Meku Kec Babalan Kab Langkat, Sabtu (12/9/2020). (orbitdigitaldaily.com/Diva Suwanda)

LANGKAT-Tokoh Nasional dan juga mantan Menteri Kehutanan RI M S Kaban optimis kilang minyak Pertamina Pangkalanbrandan aktif kembali.

“Saya sangat yakin dan optimis karena tidak ada alasan apapun untuk tidak mengaktifkan kembali kilang minyak. Sekarang Sumut penduduk semakin banyak. Aktivitas produksi semakin tinggi dan ke depan menjadi wilayah industri. Sudah tentu membutuhkan kilang energi yang kuat dan solid, ” kata MS Kaban saat menghadiri kegiatan Deklarasi Forum Komunikasi Kilang Minyak Pangkalanbrandan (Forkomandan) di kawasan wisata mangrove Pantai Tiram Desa Teluk Meku Kec Babalan Kab Langkat, Sabtu (12/9/2020).

Mantan Ketum Partai Bulan Bintang 2005 lalu ini juga mengapresiasi terbentuknya Forkomandan .

“Ini merupakan langkah awal untuk mengusulkan kembali agar kilang minyak Pangakalanbrandan ini ditingkatkan kapasitasnya kemudian diaktifkan seperti kilang kilang minyak di daerah lain,” jelasnya.

Karena, lanjutnya, Pangkalanbrandan ini memiliki pengalaman produksi dan pengalaman kontribusi terhadap negara. Pangkalanbrandan juga masih memiliki sumber daya (resource) yang perlu digeneral dengan teknologi baru.

“Sehingga kapasitas kilang minyak bisa ditingkatkan dan juga mampu mensuplay kebutuhan wilayah Sumut, Aceh dan sepanjang Sumatera,” terangnya.

Sebelumnya, Aktivis Lingkungan Sumut Dewi Budiati Teruna Jasa Said yang hadir pada acara itu juga yakin kilang minyak Pangkalanbrandan yang dulu pernah jaya dapat beroperasi kembali.

Dia berharap forum ini menjadi wadah komunikasi untuk bersuara dan berdiskusi guna mencapai tujuan.

Sementara itu, Ketua Forkomandan Iriansyah dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kilang minyak Pangkalanbrandan adalah kilang minyak pertama di Indonesia yang telah banyak memberikan sumbangsih yang luar biasa kepada negara NKRI.

Namun sampai saat ini semua itu seakan terlupakan maka pantaslah kami berjuang atas bagian masyarakat Teluk Aru untuk menuntut dibuka kembali kilang minyak Pangkalanbrandan serta memberi perhatian lebih masyarakat Pangkalanbrandan.

Turut hadir dalam kegiatan itu Pimpinan Pertamina RU II Pangkalanbrandan M Natsir, Camat Babalan Fajar Aprianta Sitepu, Camat Besitang Ibnu Hajar, tokoh masyarakat Yan Syahrin, H Syahrum Hakim, Kadis Perikanan dan Kelautan Langkat, anggota DPRD Langkat Dedi Kaisa dan pengurus Forkomandan. (Rel/Diva Suwanda)