Mudahkan Petani Panen Jagung, Kadis Galus Ajukan Proposal ke Kementan

oleh -26 views
Ilustrasi.

Gayo Lues-ORBIT: Untuk mempermudah para petani jagung dalam mengelola hasil panen, Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Zakaria mengaku telah mengajukan proposal bantuan sarana alat mesin pertanian pasca panen jagung yaitu Mobile Corn Dryner dan Ultraviolet Corn Dryner ke Kementerian Pertanian RI.

“Proposalnya sudah diserahkan beberapa bulan lalu. Sudah diterima pihak Kementan melalui yang terkait. Kita tinggal menunggu alatnya datang. Mobile Corn Dryner dua unit dan Ultraviolet Corn Dryner dua unit,” ujarnya, Jumat (16/11/2018).

Zakaria menjelaskan Mobile Corn Dryer merupakan program yang dikembangkan oleh Kementan dan PT CPI untuk mendukung produksi para petani jagung. Alat ini berupa truk pengering yang mampu beroperasi dengan kapasitas pengeringan satu ton per jam, dengan penurunan kadar air sebesar 15 persen. Alat ini juga memiliki mobilitas tinggi sehingga mampu digunakan oleh para petani jagung didaerah Gayo Lues.

“Alat ini juga mampu mengurangi biaya handlingkomoditas jagung, biaya transportasi, serta meminimalkan potensi penurunan jagung yang sering dialami oleh para petani di Gayo Lues,” ujarnya.

lanjutnya, pihaknya juga berusaha mampu meyakinkan petani bahwa menanam jagung pasti menguntungkan. “Beberapa upaya lain peningkatan produksi jagung adalah dengan menyediakan alsintan (alat mesin pertanian) berkualitas, bibit unggul, dan harga produk yang kompetitif,” tandasnya. Od-Put