HeadlineSumatera Utara

Mudik Idul Fitri 1439 H Via Jalinsum Taput, Pengemudi Disarankan Waspada

Tarutung-ORBIT: Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, arus kendaraan yang melintas sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) untuk wilayah Tapanuli Utara (Taput) semakin meningkat dari biasanya.

Pantauan Orbitdigitaldaily.com di sepanjang jalan Balige menuju arah Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah sejak pagi hari hingga sore hari Rabu (12-6-2018) mulai dipadati kendaraan pribadi berplat nomor polisi dari luar Tapanuli.

Keterangan dari petugas Polres Tapanuli Utara di Pos Pelayanan Idul Fitri Pom Bensin Sipoholon, Briptu Erwin Silitonga, mengatakan, kenaikan arus mudik kendaraan yang melintas diperkirakan sudah mencapai 50 persen. Kepadatan didominasi kendaraan yang datang dari arah Medan menuju Sibolga dan Padang Sidempuan.

“Peningkatan arus lalu lintas sudah mencapai 50 persen. Mayoritas kendaraan pribadi, dari arah Medan menuju Tapsel dan Tapteng”, terangnya.

Pihaknya menyarankan agar pengendara mobil dan sepeda motor supaya lebih berhati-hati dan tidak saling mendahului. Apalagi di sepanjang Tapanuli Utara, banyak tikungan tajam diantara jurang dalam serta tebing-tebing curam yang berpotensi longsor.

Dijelaskan, titik rawan yang sering langganan Lakalantas berada di sejumlah titik antara lain perbatasan Kabupaten Tobasa dan Tapanuli Utara tepatnya wilayah Sipintupintu juga daerah Hutaraja Sipoholon serta arah Tarutung menuju Tapanuli Selatan dan Tarutung menuju arah Tapanuli Tengah.

“Kepada saudara pengemudi jika merasa letih jangan sungkan beristirahat di pos pelayanan yang sudah disediakan,” harapnya.

Pantauan Orbitdigitaldaily.com, beberapa jenis pelayanan dan panduan mudik bisa diperoleh di Pos Pelayanan Idul Fitri 1439 H.

Pos tersebut di piket petugas medis dari Dinkes Tapanuli Utara yang siap melayani pemudik yang melintas selama 24 jam. Aneka jenis makanan dan minuman juga tampak disediakan bagi pengendara yang membutuhkan.

“Bisa cek kesehatan dan menikmati fasilitas lainnya mereka disini,” terang petugas berdinas resmi Pemkab Tapanuli Utara kepada wartawan.

Briptu Erwin Silitonga berpesan agar pemudik atau pengendara yang melintas tidak sungkan untuk bertanya serta meminta bantuan keamanan dan panduan lainnya terkait keselamatan berlalu lintas.

“Di setiap pos pelayanan selain petugas Polri juga turut bertugas tenaga medis, TNI, Sat Pol PP, dan Dishub Taput,” paparnya.

Demikian juga di kawasan wisata Air Panas Sipoholon dapat terpantau jumlah kenderaan pengunjung sudah mulai membludak  ingin menikmati dan istirahat hilangkan penat selama dalam kenderaan. Od-Jum

Komentar Facebook

Artikel Terkait