NPHD Sudah Diteken, Anggaran Pilkada Asahan Rp40 miliar

oleh -564 views
Ketua KPU Asahan , H Hidayat SP

KISARAN – Pemerintah dan Komisioner KPU Kabupaten Asahan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk anggaran Pilkada tahun 2020 sebesar Rp 40 miliar lebih.

Ketua KPU Asahan, Hidayat SP, Rabu (2/10/2019), mengatakan, pembahasan melalui proses panjang dan akhirnya tercapai kesepakatan pada Seni (30/9/2019) bertempat di kantor BPKAD Asahan.

“NPHD sudah ditandatangani kemarin (Senin) di kantor BPKAD Asahan bersama Kepala BPKAD Drs Ismet, nilainya Rp 40 miliar lebih,” kata Hidayat, Rabu (2/10/2019).

Dikatakan, pasca penandatanganan naskah hibah tersebut, selanjutnya KPU Kabupaten Asahan akan menjalankan program Pilkada 2020 sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) No 15 tahun 2019.

“Setelah penandatangan itu, kami akan menjalani tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2020. Kalau di Asahan pemilihan bupati dan wakil bupati,” sebutnya.

Bawaslu Asahan selaku pengawas pelaksanaan Pemilu/Pilkada turut melakukan penandatangan NPHD di BPKAD Asahan, Senin (30/9).

Sementara itu, Ketua Bawaslu Asahan, Khomaidi Hambali Sambaton menyebutkan dalam Pilkada 2020 mendatang, pihaknya mendapat dana hibah sebesar Rp 22 miliar lebih.

“Usai penandatangan itu, dalam waktu dekat kami akan melakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat,” kata Khomaidi, ditemui secara terpisah.

Ia pun menambahkan, bila merujuk kepada tahapan Pilkada serentak 2020, maka pada November 2019 mendatang, Bawaslu Asahan diperkirakan akan melakukan perekrutan anggota Panwas Kecamatan.

Sebab, pada Januari mendatang KPU Kabupaten Asahan akan melakukan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Menurut Khomaidi, proses perekrutan PPK itu harus mendapat pengawasan dari Bawaslu.

“Kalau tidak ada perubahan, mungkin di bulan 11 nanti kami akan rekrut panwas kecamatan, sebab di bulan Januari nanti, KPU sudah merekrut PPK.

“Proses perekrutannya itu harus kami awasi. Tapi kami masih menunggu surat resmi dari Bawaslu RI,” jelasnya.

Reporter : Suheri