Panuan, Ini Cara Tradisional Murah dan Mudah Mengobatinya

oleh -666 views

ORBIT: Bagi Kita yang tinggal di daerah tropis, penyakit kulit seperti Panu tentunya sudah tidak asing lagi. Pengaruh hawa panas yang menghasilkan keringat ditubuh dan langsung mengering, menjadi sebab utama jamur yang bernama panu ini sangat mudah tumbuh.

Namun jangan malu apalagi hingga bersedih karena panuan. Memang sih, orang yang terkena penyakit panu masih sering dianggap tidak bersih atau tak perduli dalam mengurus badannya sendiri. Negara Kita, dengan kekayaan rempah-rempah yang dimilikinya dapat dijadikan pengobat panu tersebut bila diolah dengan benar.

Berikut kekayaan rempah-rempah pengobat panu dan cara mengolahnya yang bahannya mudah Kita dapatkan di warung terdekat.

1. Kunyit

Kunyit bisa menghilangkan panu hitam atau panu putih di tubuh. Kunyit mengandung minyak volatile yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Juga terdapat kandungan kurkumin yang merupakan anti-oksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas. Kombinasi curcumin dan minyak volatile akan berguna untuk membasmi jamur penyebab panu.

Ada dua cara yang dapat digunakan :

Yang pertama: Tumbuk halus 2 ruas jari kunyit lalu tempelkan atau oleskan pada bagian yang terinfeksi jamur. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Yang kedua: Ambil 1 ruas jari kunyit, kupas. Lalu usap-usapkan pada bagian yang terinfeksi jamur selama 5 menit. Diamkan sejenak.

2. Bawang putih

Bawang putih yang selama ini kita gunakan hanya sebagai bahan dapur saja, ternyata juga bisa sebagai obat alami untuk menghilangkan panu. Pada bawang putih ada kandungan allicin yang merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat anti bakteri. Bawang putih juga mengandung banyak antioksidan. Kandungan yang terdapat pada bawang putih membuatnya terkenal untuk digunakan sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur.

Caranya:

Ambil 1 siung bawang putih, potong menjadi dua bagian. Lalu gosokkan bawang putih pada panu selama 5 menit. Lakukan 2 kali sehari.
Menggunakan bawang putih bisa menjadi salah satu cara menghilangkan panu pada bayi atau buah hati Anda yang masih balita.

3. Lengkuas

Selain berguna sebagai bumbu penyedap makanan, lengkuas juga mempunyai banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Yaitu: sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Korea menemukan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Anda pun bisa menggunakan lengkuas sebagai cara menghilangkan panu di tangan secara alami.

Caranya :

Ambil lengkuas yang masih segar, potong-potong. Lalu usap-usapkan pada panu, lakukan selama 5 menit.
Lakukan pengobatan ini sebanyak dua kali sehari. Senyawa flavonoid, amilum, dan kuersetin yang ada dalam lengkuas akan membasmi jamur penyebab panu.

Cara lainnya:

Haluskan 2 ruas jari lengkuas dengan 1 sdt garam. Lalu oleskan pada panu.
Diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

4. Belimbing wuluh

Cara menghilangkan panu selanjutnya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Belimbing wuluh mengandung glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. Juga mempunyai sifat anti jamur yang mampu untuk menghilangkan panu.

Caranya :

Siapkan 1 buah belimbing wulu, potong jadi 4 bagian. Usap-usapkan belimbing wuluh pada bagian yang terkena infeksi jamur selama 5 menit.
Biarkan mengering.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki senyawa Flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Anti-oksidan berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga kandungan asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Vitamin C juga merupakan senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis.

Caranya:

Campur jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Karena adanya zat keratolitik pada belerang. Campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang (tumbuk halus dulu). Campur hingga merata dan menjadi krim. Oleskan pada panu. Diamkan sampai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.

6. Minyak kelapa

Penelitian pada minyak kelapa menunjukkan bahwa minyak ini mampu membantu tubuh untuk meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus, dan bakteri. Kandungan asam lemak-nya mampu menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu.

Caranya:

Oleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu. Diamkan hingga mengering.

Semoga Bermanfaat!