Pascabom Bunuh Diri, Polda Sumut Pasang Deteksi Dini di Gerbang Masuk

oleh -47 views
Situasi pengamanan di depan gerbang Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11/2019). (Foto: Kompas)

MEDAN – Pascabom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Polda Sumut dan jajaran meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Sesuai arahan Pak Kapolda, kita (Polda Sumut) dan jajaran meningkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Selasa (13/11/2019).

Nainggolan menyebut, pihaknya sudah meningkatkan pola pengamanan terhadap para pengunjung kantor kepolisian sebagai pelayan masyarakat.

Setiap kendaraan bermotor dan barang bawaan diperiksa secara intensif.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi kejadian serupa dan tindak pidana lainnya, Polda Sumut sedang membangun atau menanam alat deteksi dini di pintu masuk dan gerbang utama Mapolda Sumut.

“Itulah salahsatu upaya kita untuk mencegah masuknya bahan peledak dan senjata api. Dipasang dengan cara ditanam alat di pintu masuk itu,” terang Nainggolan.

Menurut Nainggolan, nanti alat yang dipasang di pintu gerbang dengan cara ditanam itu dapat mendeteksi benda atau barang berbahaya yang dibawa pengunjung.

“Alat itu akan mendeteksi apa saja yang dibawa oleh pengunjung,” pungkas Nainggolan.

Sebelumnya, terjadi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan Jalan HM Said Medan, Selasa (13/11) sekira pukul 08.45 WIB. Peristiwa itu mengakibatkan pelaku bom bunuh diri tewas dan sejumlah personel kepolisian terluka. (Diva Suwanda)