Medan  

Pemerintah Kelurahan Mesjid Latih Pemuda Menyablon Kaos

pemerintah kelurahan mesjid
ara peserta tampak antusias mengikuti pelatihan sablon kaos dibimbing tenaga pelatih dari Tim MR KAOS pimpinan Azhar SPdI.(ist)

Medan | Pemerintah Kelurahan Mesjid, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan gandeng MR Kaos melatih para pemuda di wilayahnya untuk terampil menyablon kaos pada, Kamis (09/06/2022) kemarin.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Mesjid, Jalan Sinabung No 2, Medan Kota tesebut pihak kelurahan menggandeng tim MR KAOS yang dipimpin Azhar SPdi sebagai tenaga pelatih.

Lurah Mesjid Syawaluddin ST mengatakan kegiatan ini merupakan usulan masyarakat di wilayahnya yang disampaikan lewat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan tahun 2021 yang direalisasikan pada tahun 2022

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu dari 5 Program Prioritas Pemerintah Kota Medan,” kata Syawaluddin dalam sambutannya saat membuka pelatihan tersebut.

Ia berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta mampu dan terampil menyablon kaos secara manual dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pemerintah Kelurahan Mesjid, kata dia, merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Medan. Karena di kelurahan ini terdapat Masjid Raya Al Mashun, Menara Air PDAM Tirtanadi, dan Taman Sri Deli yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara

“Tempat-tempat ini merupakan ikon wisata yang memiliki nilai jual, bisa dituangkan di media kaos,” ungkap Syawaluddin.

Melihat potensi yang besar ini, menurutnya pelatihan sablon kaos sangat cocok untuk mendukung industri kreatif pemuda di Kelurahan Mesjid sehingga bisa menciptakan lapangan kerja yang meningkatkan pendapatan keluarga.

Harapan pihak Kelurahan Mesjid kegiatan ini berdampak positif dan menghasilkan lapangan kerja baru untuk masyarakat sejalan dengan program wali Kota Medan yaitu menggalakkan industri kreatif dan UMKM untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“Ke depannya kami pihak Kelurahan akan terus menampung segala potensi yang ada di masyarakat untuk di support dan dikembangkan,” ujar Syawaluddin.

Kegiatan ini diikuti oleh para pemuda yang ada di Kelurahan Mesjid berjumlah 20 orang. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan terutama saat proses pembuatan ‘adfruk’ dan menggesut kaos yang disablon.

Azhar dalam pelatihan itu memaparkan materi tentang Motivasi, Peluang Usaha, dan Teori-Teori Sablon Kaos Manual.

Selanjutnya para peserta langsung mempraktikkan bagaimana menyablon dengan alat-alat sablon yang telah dipersiapkan.

“Kami MR KAOS senang dapat berbagi ilmu dan keterampilan tentang sablon kaos. Kami telah lama berkecimpung dalam kaos terutama sablon manual, di samping kami juga merupakan distributor kaos polos untuk area Sumatera,” ungkap Azhar selaku Owner MR KAOS.

Azhar menjelaskan gerai sekaligus workshop MR KAOS beralamat di Jalan Abdul Sani Muthalib, Medan Marelan, Kota Medan.

MR KAOS dikenal dengan slogan ‘Pilih Kaosmu Design Suka Suka’ juga memiliki akun IG @mrkaos_id.

Reporter | Gusliadi