Aceh  

Pemilihan Tuha Peut Gampong Simpang Wie Berlangsung Sukses dan Damai

LANGSA | Pemilihan Tuha Peut Periode 2024 – 2029 secara serentak dilaksanakan di Kecamatan Langsa Timur, salah satu Pemilihan Tuha Peut Gampong Simpang Wie dilaksanakan oleh pihak panitia pemilihan berjalan sukses secara damai diikuti oleh warga daftar pemilihan tetap berjumlah 72 orang sesuai Kartu Keluarga (KK) di simpangwie. Minggu (3/12/2023).

Ketua Panitia Pemilihan Tuha Peut Gampong Simpang Wie, Seuneubok Antara Kecamatan Langsa Timur. Muhammad Dewi, menjelaskan pemilihan calon tuha Peut, peserta calon khususnya perempuan berjumlah tiga orang, Windiani, Intan Haznilita dan Fitriani. Ketiga calon ini dipilih oleh warga setempat, dari dusun setia dan dusun Tanjung rambut, khususnya pemilih dari keterwakilan perempuan yang ada di dua dusun Gampong Simpang Wie.

Tambah Muhammad Dewi, menerangkan, pemilihan yang hadir hanya 59 peserta dan 13 peserta yang tidak dapat hadiri dianggap batal, bagi masyarakat yang punya hak pilihnya kita berikan batas hadir untuk melakukan pemilihan dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai batas penutupan pukul 12.30 WIB. Kemudian kita buka kotak hitungan suara pada pukul 14.00 WIB.

Sementara jumlah Daftar Pemilh Tetap (DPT) Gampong Simpang Wie berjumlah 72 suara hak pilih untuk keterwakilan perempuan, sesuai jumlah dusun Gampong Simpang wie, yakni dusun setia dan dusun Tanjung rambut, mengingat ada empat calon tuha Peut dari lelaki lainnya tidak dilakukan pemilihan, bahwa yang diperlukan calon tuha Peut dari keterwakilan perempuan hanya satu orang, bahkan calon yang mendaftar dari keterwakilan perempuan ada tiga orang yang ikut mendaftarkan diri mereka sebagai calon tuha Peut, maka pihak dari panitia mengadakan pemilihan secara demokrasi yang khususnya pemilih dari kaum perempuan saja.

Muhammad Dewi, mengucapkan terimakasih untuk semua masyarakat dan semua pihak lainnya yang terlibat sehingga telah mensukseskan Pemilihan Tuha Peut Gampong Simpang Wie masa tugas 2024 – 2029 mendatang. Semoga yang terpilih janganlah berbangga hati, karena ini semua adalah amanah dari semua masyarakat, begitupun bila nanti sudah disumpah jabatan Tuha Peut, ini semua harus kita pertanggungjawabkan sampai diakhirat kelak.

“Selanjutnya kepada calon Tuha Peut yang tidak memenangkan pemilihan ini, kami beserta panitia yang terlibat dalam pemilihan mengucapkan terimakasih jangan saling membenci antara satu sama lainnya, bahwa menang dan kalah adalah hal biasa, mungkin ada rezeki ditempat lain yang lebih baik lagi,” ujarnya.

“Marilah sama – sama kita kedepankan rasa demokrasi dan persaudaraan, bagi yang menang untuk dapat menjalankan roda pemerintahan gampong sesuai amanah dan tanggungjawab setelah di sumpah, jalankan amanah untuk kebenaran dan keadilan nantinya,” jelasnya.

Pemilihan tuha Peut turut hadir, Kasie Pem Kecamatan Langsa Timur, Mukim Seneubok Antara Kecamatan Langsa Timur, Babinsa Koramil 23 Langsa timur, Serma Heri Siswanto, Babinkamtibmas Polsek Langsa Timur, pihak panitia pemilihan tuha Peut Simpang Wie, Muhammad Dewi, Tengku Mustafa, Yusuf, Syahrial, Muhammad Ikhsan, Panji, Nurul Isma Hayati dan para calon tuha Peut.

Reporter : Rusdi Hanafiah