Aceh  

Pemkab Aceh Selatan Siap Sukseskan Pendataan Regsosek 2022

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dukung pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Foto/Yunardi

ACEH SELATAN | Pelaksanaan pendataan awal Regsosek serentak di seluruh wilayah Indonesia termasuk Aceh Selatan mulai tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022, ungkap Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Aceh Selatan Munharsam SE MSi, Kamis (13/10/2022).

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mendukung program Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut.

Hal itu diperkuat dengan surat edaran (SE) Bupati Aceh Selatan Nomor 12/IV/2022 tanggal 26 September 2022.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Aceh Selatan Munharsam SE MSi juga menjelaskan, pendataan awal Regsosek ini bertujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk mencakup profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terintegrasi dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga ke tingkat gampong.

Sementara itu, kata Munharsam, Bupati Aceh Selatan meminta perhatian dan dukungan semua komponen masyarakat dan birokrasi agar dapat berperan aktif pada setiap tahapan pendataan awal Regsosek 2022.

“Dengan cara menerima kedatangan petugas Regsosek 2022 dan memberikan jawaban yang benar dan akurat.

Selain itu melalui pendataan Regsosek yang merupakan program nasional ini, terwujud kesejahteraan sosial ekonomi bagi seluruh penduduk Indonesia sebagai salah satu strategi pelaksanaan reformasi sistem perlindungan sosial,” harapnya.

Munharsam juga menyebutkan dengan pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah.

“Selain itu data tersebut juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data secara konsisten,” pungkasnya.

Reporter : Yunardi MIS