Pemkab Taput Peringati HKN Tahun 2020 di Halaman Kantor Bupati Tapanuli Utara 

TAPUT – Dalam upacara yang rutin digelar setiap tanggal 17 tahun tersebut, Inspektur upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) tahun 2020, Bupati Drs Nikson Nababan MSi tekankan,
agar Aparatur Sipil Negara (ASN) evaluasi diri serta harus solid, kuat dan fokus dalam melayani Masyarakat. Pelaksanaan acara diikuti ratusan ASN dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di halaman Kantor Bupati Tapanuli Utara, JL Letjen Suprapto No.1 Tarutung, Senin (17/2/2020).

Mari kita semua mengevaluasi diri sendiri, sejauh mana tugas dan tanggung jawab telah dilaksanakan untuk kepentingan bangsa dan negara serta masyarakat, khususnya di Kabupaten Tapanuli Utara,” ucap Nikson Nababan saat memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) pada Senin, (17/2/2020) pagi, di halaman Kantor Bupati Taput.

“Agar semua laporan keuangan dan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) harus diperbaiki. Karena sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Lebih lanjut Nikson Nababan menambahkan, semua tahapan harus di selesaikan dengan baik. Saya tidak mau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara (Taput) ini dianggap tidak kompeten, aparatnya tidak kompeten hanya karena laporan tidak dilakukan dengan baik dan dilaporkan pada pemerintah atasan. Untuk itu, dalam melakukan pekerjaan tetap fokus, baik dan pro rakyat. Saya mau hal ini dikerjakan dengan serius,” ucap Bupati Taput menekankan.

Lagi, Bupati Taput, Nikson Nabababan menambahkan, terkait dengan masalah pelaksanaan gotong royong sebagai kearifan lokal di Kabupaten Tapanuli Utara harus selalu dilakukan setiap minggunya pada Jumat bersih. Saya berharap, kegiatan Jumat bersih diperluas untuk semua lini, baik itu kantor kantor, unit pendidikanmaupun kalangan masyarakat. Setelah gotong royong untuk pembersihan dilaksanakan, penanaman pohon juga wajib dilaksanakan, guna untuk  penghijauan dan keasrian lingkungan. Hal tersebut juga positif bagi anak didik kita. Menanamkan budaya gotong royong, kepedulian, kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Dengan budaya gotong royong akan terbentuk karakter mencintai lingkungan,” ucap Bupati.

Lanjut Bupati Nikson Nababan menambahkan, agar Dinas PMD juga untuk membudayakan ini di semua desa melalui penganggaran Dana Desa dan pengadaan bibit pohon berbuah supaya diadakan di Dinas Lingkungan Hidup. Tentu hal ini bukan langsung kita nikmati,
akan tetapi ke depan Kabupaten Tapanuli Utara akan hijau, asri dan bernilai ekonomis. Begitu juga setiap Dinas dan Kantor untuk tetap membudayakan kebersihan dan penanaman pohon, sehingga Taput memiliki ciri khas.

“Untuk merubah mental bukan hanya dengan menuntut ilmu di dunia pendidikan, tetapi melalui slogan dan melakoni 3S (Senyum Sapa Salam) akan terbentuk karakter generasi yang baik, mencintai sesama dan peka terhadap lingkungan. Untuk itu, saya minta setiap kantor, dinas dan sekolah membudayakan setiap Jumat dilakukan senam 3S. Di samping akan menghasilkan generasi sehat juga memiliki karakter yang ramah dan peka terhadap lingkungan,” tegas Bupati Taput.

Bupati juga menghimbau dan menekankan, agar dalam hal pelayanan publik agar setiap kantor harus terbuka memberikan informasi kepada masyarakat, memiliki ruang tunggu dengan menyediakan kursi dan meja tamu untuk melayani masyarakat.

“Pelayanan ini harus saya pastikan untuk dilakukan disetiap dinas dan kantor. Saya mau lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara adalah pemerintahan yang solid dan kuat. Bekerja dengan baik dan fokus. Bagi PNS yang memiliki eselon, wajib hukumnya mengerti tehnologi  terutama  mengoperasikan komputer sehingga penyelesaian tugas lebih cepat. Laksanakan semua tugas dengan baik, selamat bekerja sama kita semua,” pinta Bupati Taput Nikson Nababan diacara peringatan Hari Kesadaran Nasional.

Reporter: Juliber Silitonga