Pemkab Tobasa Akan Serahkan Pengelolaan PLTMH Kepada Bumdesma Sejahtera

oleh -17 views

Balige-ORBIT: Dalam upaya menaikkan Pendapatan Asli Desa (PAD), maka Pemerintah Kabupaten Toba Samosir akan menyerahkan pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang ada di Liat Tondung kepada Pemerintahan Desa.

Penyerahan itu nantinya akan dilaksanakan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak  (DPMDPPA) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Hal itu disampaikan Henry Silalahi, Kepala DPMDPPA Tobasa kepada media saat baru usai melakukan pembahasan rencana penyerahan PLTMH itu di ruang rapat mini Kantor Bupati Tobasa, Selasa (14/5).

Diuraikannya, ke depannya, PLTMH yang terletak diantara Desa Liat Tondung dan Desa Sipagabu, Kecamatan Nassau, pengelolaannya akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma)  yang bernama Bumdesma Sejahtera.

“Penyerahan itu sendiri rencananya akan dilaksanakan pada hari Minggu 19 Mei 2019 bertempat di Dusun Sibodat, Desa Liat Tondung yang sekaligus dirangkai dengan Acara Kunjungan dari Gereja Katolik,” ujar Henry.

“Penyerahan pengelolaan PLTMH dari  Pemkab Tobasa ke Bumdssma Sejahtera itu merupakan satu upaya dalam rangka mewujudkan Tobasa Terang sekaligus memberikan kewenangan kepada Pemerintah Desa untuk dapat meningkatkan perekonomian Desanya sendiri,” imbuhnya.

Selain itu, sambung Henry, upaya ini juga nantinya sekaligus menjadi Sumber Pendapatan Asli Desa dengan harapan Bumdesma itu dapat berkembang menuju Desa Mandiri dan Sejahtera sebagaimana Amanah dari UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Sementara itu, A Pardosi, salah seorang Tokoh Masyarakat yang turut ikut dalam kegiatan itu memberi apresiasi setingginya kepada Pemerintah Kabupaten Tobasa atas kepeduliannya itu dalam membangun desa.

“Pengelolaan PLTMH ini sudah lama kami idamkan agar dikelola oleh warga dari dua desa itu dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Semoga penyerahan itu segera terealisasi,” harap Pardosi. (Od-Bbt)