Pemko Medan Diminta Atur Pedagang Bendera Musiman di Jalur Trotoar

oleh -516 views
Pedagang musiman menjelang Hari Kemerdekaan RI di depan Makam Pahlawan, Jalan SM Raja, Kamis (2/8/2018).

Medan-ORBIT: Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, pedagang bendera merah putih musiman dipastikan memenuhi beberapa jalan di Kota Medan, diantaranya ada di jalan Sisingamangaraja, tepat di depan Taman Makam Pahlawan.

Seorang pedagang kepada Orbit, Kamis (2/8/2018) mengatakan, ia selalu mengambil momen HUT RI kurang lebih 16 hari sebelum perayaan, 17 Agustus untuk menjajahkan dagangannya di depan Taman Makam Pahlawan.

Selama berjualan, ia mengaku tak pernah dilarang oleh instansi terkait. “Kita para pedagang sudah setiap tahun berjualan bendera di sini dan tidak ada larangan terkait berjualan di trotoar kecuali berjualan makanan, lagi pula niat kita juga baik sekalian memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia sembari menjual bendera agar menguatkan jiwa nasionalisme terhadap masyarakat kota Medan,” ujar pedagang yang tak mau disebut namanya.

Peraturan dan larangan bagi para pedagang yang berjualan di atas trotoar, sesuai pasal 28 ayat (2) UU LLAJ, setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang mengakibatkan gangguan fungsi pada perlengkapan jalan.

Menanggapi hal ini, seorang pengguna jalan, Nancy Sari mengatakan, seharusnya pedagang musiman bisa diatur oleh pemerintah, misalnya dengan dibuatkan tempat khusus atau diberi edukasi agar berjualan di tempat-tempat yang diizinkan.

“Jangan sampai beralasan memeriahkan HUT RI, tapi malah melanggar aturan. Mereka jualan di trotoar, saya juga melihat ada di Jalan Sudirman. Kalau mereka jualan di situ, kasihan pejalan kaki, terus kalau ada pengendara yang beli kan bisa menimbulkan kemacetan,” ujarnya sembari berharap Pemko Medan bisa mengatur pedagang musiman tersebut. Om-Edo