Peran Ganda Nasyid Bagi Umat Muslim

oleh -9 views
Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat membuka Festival Nasyid/Seni Qasidah tingkat Kota Medan 2018 di Asrama Haji Medan, Senin (2/4). Ist

Medan-ORBIT: Sebanyak 43 grup dan 41 bintang vokalis dari seluruh kecamatan di Kota Medan mengikuti Festival Nasyid/Seni Qasidah tingkat Kota Medan 2018 di Asrama Haji Medan, Senin (2/4).

Festival yang dibuka Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diharapkan dapat meningkatkan seni dakwah di bidang nasyid/seni qasidah di tengah-tengah masyarakat dalam upaya menambah keimanan dna ketakwaan kepada Allah Swt.

Dalam pembukaan yang turut dihadiri Kakan Kemenag Kota Medan Al Ahyu MA, Ketua MUI Kota Medan Prof Dr Moh Hatta, pimpiman Organisasi Perangkat Daerah (OPD), wakil walikota mengatakan, Pemko Medan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya festival tersebut.

Dikatakan wakil walikota, festival ini sangat positif karena karena memacu kreativitas. “Selain itu dapat menjadi wadah untuk menuangkan inovasi yang religius, sekaligus pada gilirannya akan ditransformasi kepada umat lainnya,” kata wakil walikota.

Selanjutnya mantan anggota DPRD Medan itu memaparkan, Kota Medan memiliki keragaman seni dan budaya, salah satunya adalah seni nasyid atau qasidah. Seni ini lanjutnya, memiliki peran ganda bagi umat manusia, khususnya bagi umat Muslim karena merupakan wadah kesenian dan pencerahan hati.

Apalagi ungkap wakil walikota, akhir-akhir ini dengan berkembangnya teknologi komunikasi, budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian ini masuk ke negeri ini dan rentan mempengaruhi generasi muda. Oleh karenanya tegas Wakil Walikota, harus ada kecerdasan menyikapi masuknya budaya asing tersebut jika tidak ingin terjadi sesuatu yang fatal.

“Untuk itulah melalui nasyid atau qasidah ini, diharapkan dapat membentengi  diri kita dari dari pengaruh budaya luar, terutama yang tidak sesuai dengan budaya bangsa kita,” ungkapnya. Rel