Perbaikan Jalan Kaliaga Diharapkan Mengurangi Kemacetan Kota Berastagi

oleh -110 views

KARO – Kurang lebih sepanjang 1,65 kilometer jalan alternatif antara persimpang jalan Surya Indah tembus jalan Udara Berastagi, atau biasa disebut jalan Kaliaga yang berada di Kelurahan Gundaling II, Kecamatan Berastagi, saat ini tengah diperbaiki dan dilebarkan.

Hal ini sesuai janji Bupati Karo, bahwa sejumlah jalan alternatif akan diperbaiki dan diperlebar untuk mengurai kemacetan kota Berastagi, terutama pada saat-saat hari libur datang.

Sejumlah warga menyambut baik dan merespon positif, karena keluhan mereka selama ini agar jalan tersebut dapat diperbaiki, akhirnya terwujud.

Menurut mereka, bertahun-tahun sudah jalan tersebut seperti diabaikan oleh pemerintah Kabupaten Karo. Padahal, jalan itu merupakan salah satu jalan alternatif, sekaligus jalan utama untuk mengeluarkan hasil pertanian warga yang bertani di kawasan perladangan Surya Indah.

“Semoga kedepan jalan kami lebih diperhatikan. Jalan di sini jelek selama ini, padahal jalan ini juga salah satu jalan alternatif ke Medan mau pun ke provinsi Aceh. Dan kita tahu kalau di Berastagi dan Pajak Roga sana sering sekali macet. Mudah-mudahan nanti setelah jalan ini selesai diperbaiki, sudah bisa mengurangi kemacetan,” ujar salah satu warga saat ditemui Orbit tidak jauh dari lokasi proyek, Selasa (10/9/2019).

Pantauan awak media, sejumlah alat berat dan pekerja terlihat sedang melakukan pelebaran badan jalan, sambil melakukan penimbunan lubang dan kemudian diratakan. Badan jalan pun mulai terlihat lebih lebar dari sebelumnya. Masyarakat berharap, perbaikannya tidak asal-asalan agar ketahanannya juga bisa lebih lama.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karo Paksa Tarigan saat dikonfirmasi menyebut, jalan ini nantinya akan menjadi andalan jalan alternatif sesuai arahan Bupati Karo, untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di kota Berastagi.

“Jalan Kaliaga ini sepanjang 1,65 kilometer yang telah diperlebar akan diaspal hotmix dengan lebar 3 meter. Sedangkan sisi kiri kanan jalan akan disemen selebar 0,5 meter. Target kita, November nanti sudah selesai dikerjakan,” jelas Paksa kepada Orbit di ruang kerjanya.

Reporter : David Karo-karo