Perkenalkan Produk Karya Anak Negeri, BI Gelar KKSU di Medan

Bank Indonesia saat menggelar KKSU di Mall Delipark Medan, Jumat (23/9/2022). (orbitdigitaldaily.com/Merry Princewaty)

MEDAN | Upaya memperkenalkan produk lokal karya anak negeri melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatera Utara (Sumut), Bank Indonesia (BI) gelar kegiatan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) di Mall Delipark Medan sejak hari Kamis-Minggu (22-25/9/2022).

KKSU merupakan salah satu program Bank Indonesia yang bertujuan untuk membina UMKM agar lebih maju. BI melakukan pembinaan terhadap UMKM yang ada sejak awal pembuatan usaha tentunya dengan fasilitas yang lengkap hingga produk UMKM mampu menembus pasar Internasional.

“Bersama dengan konsultan kita (BI) cari UMKM yang potensial dan benar-benar mau maju. BI akan membina UMKM tersebut selama 5 tahun dan akan dilakukan monitoring tiga bulan sekali …….., kalau bisa pasarnya itu bukan hanya didalam negeri tapi juga sampai keluar negeri seperti UMKM kopi dan rotan yang sudah ekspor”, ucap Asisten Direktur BI Sumut, Fachriza, kepada orbitdigitaldaily.com, Jumat (23/9/2022).

Pria berkulit putih itu juga menjelaskan bahwa BI tidak hanya membina UMKM di kota tapi juga membina UMKM yang ada di desa. Uniknya, ia menjelaskan bahwa pembinaan tidak hanya diberi kepada UMKM namun diberikan juga kepada para petani seperti petani kopi, padi, bawang dan cabai. Sehingga BI membuka kluster ketertahanan pangan untuk para petani tersebut.

Selain itu ia menambahkan untuk dapat merangkul UMKM yang ada di desa-desa BI melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) guna memberitahukan program-program yang diadakan.

Dijelaskannya lebih dari 100 UMKM turut serta dalam kegiatan KKSU yang diadakan oleh BI di Mall Delipark Medan sejak tanggal 22-25 September 2022 kemarin.

“Ada 331 UMKM di Sumatera Utara (tidak hanya binaan) yang turut serta dalam kegiatan KKSU tersebut. 101 diantaranya mengikuti kegiatan secara offline dan 230 melakukan kegiatan secara online”, katanya.