Aceh  

Pramuka IAIN Langsa Gelar Rover Ranger Competition

LANGSA | Gerakan Pramuka Racana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar kegiatan Rover and Ranger Competition II, Jumat (8/9/2023).

Ketua Panitia Pelaksana Muhamad Alvi mengatakan, kegiatan kompetisi ini diikuti oleh Pramuka penegak atau tingkat SLTA dari tiga Kabupaten/Kota,  yaitu Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Timur.

Dalam galeran ini, pihaknya melaksanakan sejumlah perlombaan dibidang keterampilan kepramukaan, keagamaan, pengetahuan umum dan etno carnaval.

“Kita berharap, kegiatan ini selain untuk kompetisi juga menjadi salah satu promosi kampus, dinama adik – adik SMA dapat melihat langsung kampus IAIN Langsa,”ujarnya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Langsa Cut Bang Dr. Marzuki Hamid, MM mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka IAIN Langsa.

Menurutnya, kegiatan serupa perlu digalakkan agar anak muda dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan – kegiatan yang positif dan bermanfaat. 

“Dengan adanya kegiatan – kegiatan seperti maka diharapkan generasi muda tidak terpengaruh dan terjerumus pada hal – hal yang negatif seperti narkoba, tawuran dan sejenisnya,”ujarnya.

Dr. Marzuki mengatakan, selama ini pihaknya terus mendorong dan mendukung sejumlah kegiatan kepramukaan baik ditingkat Kwarcab, Ranting dan Gugus Depan, termasuk gugus depan IAIN Langsa yang berada dibawah Kwarcab Langsa.

“Banyak event – event internasional, nasional, daerah dan cabang yang telah kita ikuti, begitu juga kegiatan besar yang kita laksanakan di Kota Langsa,”tandasnya.

Dr. Marzuki berharap melalui kegiatan ini anggota Pramuka dapat membentuk karakter yang peduli terhadap sesama dan lingkungan, mampu menggali setiap keterampilan yang guna sebagai bekal dimasa mendatang.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Langsa Prof. Dr. Iskandar Budiman, M. CL menuturkan, Selain sebagai ajang kompetisi, kegiatan ini hendaknya menjadi wadah untum mempersatukan generasi muda yang datang dari berbagai kabupaten dan sekolah. Sehingga diharapkan mampu memupuk rasa persaudaraan dan memiliki semangat untuk membela tanah air.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” tukasnya.

Reporter : Rusdi Hanafiah