Aceh  

Prestasi Aceh Selatan Raih Piagam Penghargaan Program Sejuta Akseptor

ACEH SELATAN | Berkat kegigihan dan kerja keras akhirnya Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan meraih penghargaan atas suksesnya pelaksanaan program sejuta Akseptor yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020 lalu, bertepatan pada momentum pelaksanaan Harganas ke-27 tahun 2020.

Dari 23 kabupaten dan kota di Aceh, Aceh Selatan berhasil menduduki peringkat kedua capaian angka tertinggi dengan pencapaian pelayanan KB sebanyak 1.819 akseptor setelah kabupaten Aceh Barat.

Piagam Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Drs SahidaI Kastri, M.Pd kepada bupati Aceh Selatan, Tgk Amran didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Yulmainar, SE, serta mitra dinas DP3AKB yaitu Kepala Dinas Kesehatan Novi Rosmita yang berlangsung di Aula Dinas Pariwisata Aceh Selatan,Tapaktuan, Kamis (17/9/2020).

Kepala DP3AKB Aceh Selatan, Yulmainar SE, kepada orbitdigitaldaily.com mengatakan bahwa Provinsi Aceh berhasil meraih juara 1 se-Indonesia untuk pelayanan KB Sejuta Akseptor yang diselenggarakan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) beberapa waktu lalu.

“Alhamdulilah selama saya disini semua bidang bidang tetap kita fungsikan semua demi berjalannya seluruh program program yang ada di Dinas DP3AKB ini. Kita terus berupaya walaupun dalam kondisi Covid-19 yang penting tetap mengikuti protokol kesehatan,” terangnya.

Keberhasilan tersebut katanya tidak terlepas dari kegigihan dan kerja keras Pemkab Aceh Selatan atas dukungan dari mitra kerja sehingga predikat untuk kesuksesan terus terealisasi dengan capaian yang melebihi target.

“Aceh Selatan Sukses meraih peringkat dua di tingkat provinsi, Aceh meraih angka tertinggi tingkat nasional bahkan memperoleh Rekor Muri,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa angka 1.819 adalah capaian yang juga melampaui dari target yang ditetapkan BKKBN Provinsi Aceh yang berjumlah 238 akseptor, sehingga BKKBN Aceh memberikan penghargaan langsung atas target yang diraih itu.

“Sebanyak 1.819 atau 76,5%, ini adalah kerja keras kita semua, baik penyuluh ataupun mitra kerja lainnya, oleh sebab itu kami persembahkan penghargaan ini untuk seluruh elemen yang terlibat juga masyarakat Aceh Selatan,” ucapnya.

Berdasarkan capaian tersebut, lanjutnya, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Aceh Selatan sudah dapat memahami pentingnya mengikuti program BKKBN demi kesejahteraan keluarga yang berkualitas.

“KB bukan hanya berfungsi mengatur jarak dan jumlah anak, tapi dibalik itu kami juga memastikan kualitas keluarga, kesejahteraan, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak agar hak-hak mereka terpenuhi, berencana itu keren,” pintanya.

Bupati dalam penyampaianya juga memaparkan yang bahwa banyak anak banyak rezeki yang jelas setiap orang tua dapat memenuhi kebutuhan anak itu sebagai salah satu konsepnya orang tua ibu dan bapak yang harus bekerja demi untuk anaknya.

Reporter : Yunardi