Aceh  

Program Aceh Selatan, Cut Syazalisma : Ekonomi dan Infrastruktur

forum OPD atau lintas perangkat daerah Kabupaten Aceh Selatan

ACEH SELATAN | Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Erwiandi, membuka rapat Forum Perangkat Daerah dan Lintas Perangkat Daerah/OPD Pemerintah Aceh Selatan tahun 2025 di Lt. III Gedung Serbaguna Bappeda Jalan T. Ben Mahmud Tapaktuan, Selasa. (25/3/2024)

Pj. Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma dalam sambutan tertulis yang dibacakan Erwiandi, mengatakan. pelaksanaan forum OPD atau lintas perangkat daerah ini, bertujuan untuk penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025,yang merupakan salah satu tahapan Perencanaan pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan.

Forum ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dan saran dari semua stakeholder dalam rangka mendapatkan penjelasan dan penanganan target kinerja.

Melalui forum ini ditentukan optimalisasi pencapaian sasaran agar terciptanya sinergitas pembangunan daerah.

“Penting kita ketahui bahwasanya laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Aceh Selatan tahun 2023 meningkat mencapai 4,20% dibandingkan tahun 2022 sebesar 3,11%.dapat menjadi perhatian kita semua agar kedepannya bisa lebih baik lagi,” katanya.

Sehingga pada tahun 2025 laju pertumbuhan ekonomi Aceh Selatan terus meningkat dengan target kita sebesar 4,32%.

Untuk persentase penduduk miskin Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2023 berada pada angka 12,10%. “Harapan kita semua angka ini dapat terus ditekan hingga 11,70%,” ujarnya.

Sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023 adalah 71,14%. “Harapan kita untuk tahun 2025 di targetkan hingga 71,31%,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Aceh Selatan Masrizal yang diwakili Sekretaris Bappeda Aceh Selatan Aka Mulyadi memaparkan, pembangunan Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025 mengangkat tema “Memantapkan Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Penguatan Infrastruktur SDM yang Berkualitas Komoditi Unggulan Daerah yang Inovatif dan Kreatif”.

“Dengan prioritas peningkatan pembangunan Infrastruktur dasar peningkatan kualitas SDM, serta peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi serta pengembangan industri pengolahan unggulan, juga peningkatan inovasi daerah serta tata kelola pemerintahan, peningkatan pembangunan Aceh Selatan akan tercapai,” katanya.

Panitia Forum OPD Maria Ulfah yang juga Kabid Perencanaan Bappeda Aceh Selatan mengatakan, pertemuan forum itu diikuti oleh 150 peserta tersebut terdiri dari para kepala SKPK, pimpinan DPRK Aceh Selatan yang diwakili Anggota Komisi II H. Darman, tokoh masyarakat dan para mitra diskusi antara lain wartawan di Aceh Selatan.pungkasnya.

Reporter : YUNARDI. M. IS