HeadlineSumatera Utara

Proyek Ratusan Juta Ambruk Dibiarkan, APIP Taput Terkesan Cuek

Tarutung-ORBIT: Proyek kolam TA 2017 untuk kelompok perikanan di Desa Tapian Nauli Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara bernilai ratusan juta rupiah ambruk.

Tetapi meskipun telah lewat masa pemeliharaan sejak tanggal 28 Juni 2018 lalu, anggaran borsum (pemeliharaan) bernilai 5 % dari jumlah pagu tidak serta merta dimanfaatkan untuk upaya perbaikan.

Bahkan kabar yang beredar anggaran borsum proyek dimaksud sudah dicairkan untuk kepentingan rekanan yang juga disebut-sebut salah satu tim pemenangan salahsatu Paslon Pilkada lalu.

Pantauan Orbitdigitaldaily.com di lokasi, Rabu (11/7/2018), kolam tersebut terlantar juga kerusakan fisik bangunan semakin parah.

Wawancara dengan Emmy Sihombing, Inspektur Pembantu Wilayah I APIP Taput yang menangani audit Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan setempat mengaku belum pernah melakukan uji petik terhadap fisik proyek tersebut.

“Dinas harus bertanggung jawab apalagi PPK dengan Kadisnya. Dan kami belum pernah turun ke lokasi,” terang Emmy Sihombing kepada Orbitdigitaldaily.com di kantor APIP Taput, Rabu (11/7/2018).

Proyek ambruk bernilai ratusan juta Dinas Perikanan Taput T.A 2017 belum diperbaiki. ORBIT/Jumpa P Manullang

Dihubungi terpisah melalui telepon selulernya, Carman Situmeang, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) selaku penanggung jawab kegiatan proyek kepada Orbitdigitaldaily.com, mengaku masih menahan biaya pemeliharaan.

Disinggung nama dan sanksi yang akan diterapkan kepada perusahaan pelaksana proyek yang diketahui sudah melewati masa pemeliharaan, Carman Situmeang sebut hanya sebatas upaya black list di kantor tersebut.

“Berkas di kantor saya tidak ingat lagi nama perusahaan itu. Pastinya akan kita terapkan sanksi black list. Dan sebagai tanggung jawab kami Dinas Perikanan akan manfaatkan borsum untuk perbaikan dan material sudah diantar ke lokasi,” jawab Carman Situmeang, Rabu (11/7/2018).

Proyek ambruk bernilai ratusan juta Dinas Perikanan Taput T.A 2017 belum diperbaiki. ORBIT/Jumpa P Manullang

Untuk diketahui, sebelumnya proyek ini salah satu topik bahasan dikalangan komisi C DPRD Tapanuli Utara.

Kunjungan DPRD Tapanuli Utara saat itu dalam rangka pengawasan pelaksanaan APBD T.A 2017 pada bulan Maret 2018 lalu. Od-Jum

Komentar Facebook

Artikel Terkait