Sumatera Utara

PWI Asahan Gelar Diskusi Wartawan Kawan Bukan Lawan

Kisaran – ORBIT: Puluhan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokomentasi (PPID) pada seluruh Dinas di lingkungan Pemkab Asahan, dan puluhan wartawan mengikuti kegiatan diskusi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Asahan dengan tema “Wartawan Kawan Bukan Lawan”, Kamis (20/12/2018) di Sabty Garden Hotel Kisaran.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Asahan diwakilkan oleh Kadis Kominfo Asahan H Rahmat Hidayat Siregar turur dihadiri Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu, mantan Ketua PWI Asahan Nurkarim Nehe dan Awaluddin, Dewan Kehormatan PWI Sumut Wan Jamil, pengurus KNPI Asahan, Ketua PWI Perwakilan Asahan, Indra Sikoembang, dan sejumlah pengurus.

Dalam Kesempatan itu, Ketua PWI Asahan, Indra Sikoembang mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya diskusi dan saling tukar informasi peran serta fungsi wartawan sesuai aturan dan ketentuan yang telah diamanahkan dalam undang-undang dan kode etik jurnalistik.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini pejabat di instansi pemerintah, Polri dan TNI memahami peran wartawan yang sesungguhnya.

“Penting kegiatan ini kita lakukan diantaranya meluruskan informasi yang berkembang khususnya di seluruh instansi baik pemerintahan, Polri dan TNI tentang profesi wartawan yang sesungguhnya sesuai dengan amanah undang-undang dan kode etik jurnalistik,” ungkapnya.

Di hadapan para aparatur PPID dan undangan yang hadir, Indra juga menegaskan, bahwa keberadaan dan tugas wartawan sebagai kontrol sosial di tengah-tengah masyarakat bukan untuk “menakut-nakuti” dan jurnalis harus menjunjung tinggi etika. Jika terjadi hal demikian itu adalah segelintir oknum wartawan.

Bupati Asahan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar berharap kepada para wartawan agar dapat memberikan informasi atau berita yang benar kepada masyarakat.

Hindari pemberitaan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman masyarakat dalam membacanya dan dapat menimbulkan perpecahan.

“Untuk itu, sampaikanlah informasi yang benar berdasarkan fakta/kenyataan, aktual, lengkap, akurat dan terpercaya,” kata Hidayat membacakan pidato Bupati.

Selanjutnya, bupati Asahan juga berharap kepasa seluruh ASN di lingkungan Pemkab Asahan khususnya PPID yang ada disetiap dinas agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberikan informasi dan dokumentasi yang nantinya akan disajikan dalam bentuk advertorial maupun advertorial khusus oleh pihak media sebagai konsumsi informasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Od/Her

Komentar Facebook
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button