PWI Madina Serahkan Sertifikat UKW Angkatan 43 dan 54

Usai menerima Sertifikat UKW wartawan melakukan foto bersama di kantor PWI Madina. (orbitdigitaldaily.com/Sulaiman Nasution)

MADINA | Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyerahkan sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat muda dan madya angkatan ke-43 dan ke-54, Rabu (23/08/2023).

Penyerahan sertifikat dan kartu UKW dihadiri 16 peserta lulus kompeten angkatan 43 dan 17 orang lulus kompeten angkatan 54.

UKW tingkat muda dilaksanakan pada bulan September 2022 di aula Hotel D’san Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan. Penyelenggaraannya kerja sama PWI Madina dengan PT Sorik Marapi Geotermal Power (SMGP).

Sedangkan UKW tingkat muda dan madya angkatan 54 diselenggarakan pada Desember 2022 di aula Hotel Rindang, terselenggara atas kerja sama antara PWI Madina dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Madina.

Ketua PWI Madina Muhammad Ridwan Lubis didampingi Sekretaris Zamharir Rangkuti mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan manajemen PT SMGP, juga kepada Pemkab Madina yang telah berpartisifasi membantu terlaksananya UKW di Kabupaten Madina sebanyak dua kali pada tahun 2022

“Sebelumnya setiap wartawan yang ada di Kabupaten Madina apabila mau ikut UKW harus berangkat ke luar daerah, tentunya pasti mengeluarkan biaya yang lumayan besar.

“Alhamdulillah PT SMGP menunjukkan niat baiknya membantu meningkatkan profesionalisme dengan memfasilitasi sehingga terlaksana UKW angkatan ke-43 PWI-SMGP, lalu pada bulan Desember terlaksana lagi UKW angkatan ke 54 yang dibantu dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Madina. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu pelaksanaan UKW ini,” ungkap Ridwan.

Ridwan berharap, dengan sertifikat kompetensi dari Dewan Pers ini, wartawan di Madina dapat meningkatkan kinerja layaknya seorang pers yang profesional dan paham fungsi tugasnya.

“Tugas kita sangat berat. Ada aturan yang harus kita patuhi menjadi seorang wartawan yang kompeten. Sampaikanlah informasi dengan kebenaran, bukan dengan cara pembenaran,” katanya.

Sebagai pimpinan organisasi PWI di Madina, Ridwan juga membuka ruang bagi seluruh wartawan yang sudah kompetensi untuk masuk ke organisasi PWI.

“Saya dan pengurus tidak pernah membatasi kawan-kawan untuk bergabung ke organisasi PWI. Tapi ada satu hal persyaratan yang cukup berat yaitu harus memiliki sertifikat UKW. Jadi, di sini saya sampaikan rekan-rekan semua sudah bisa bergabung. Mudah-mudahan tahun depan ada penerimaan anggota PWI Muda,” terangnya.

Reporter : Sulaiman Nasution