AcehHeadline

Rehab 55 Rumah Telan Anggaran Hampir Rp1 Miliar, Warga Aramiah Protes

Aceh Timur-ORBIT: Warga Desa Aramiah, Kecamatan Birem Bayeun, pertanyakan proyek pembangunan 55 unit rumah yang sedang dalam pengerjaan di desa tersebut.

Kepada wartawan warga mengaku tidak banyak mengetahui proyek pembangunan rumah itu. Diduga juga, proyek itu sarat kepentingan.

“Informasi bantuan partai politik, aspirasi dewan, ada informasi dari dana APBN,” kata warga setempat  yang minta namanya tidak ditulis, kemarin.

Lebih lanjut warga menjelaskan, bantuan 55 unit, itu telah mulai dikerjakan pembangunan sebanyak 25 unit pada September. Sedang 30 unit lagi tidak ada tanda dibangun.

“Kata aparat desa dana awal September untuk 25 unit rumah yang 30 tidak dijelaskan. Bantuan rumah ini dibangun dari mulai pondasi, yang mengerjakan pembangunannya yakni penerima manfaat, dan  yang mendapat sebagian besar keluarga aparat desa dan pemasok barang berinisial ZF. Kita juga mempertanyakan kejelasan sumber proyek, dan meminta pihak terkait mengevaluasi kembali penerima manfaat yang kami nilai belum tepat sasaran,” jelas dia.

Rijal Syaputra, kepala Bidang Perumahan Rakyat, di Dinas PUPR Kabupaten Aceh Timur yang dihubungi mengatakan pihaknya tidak mengetahui terkait proyek rumah di Desa Aramiah.

“Kemungkinan milik provinsi atau pusat, karena kita tidak ada data terkait proyek pembangunan rumah di Aramiah. Kita ada program bantuan rehab, bukan bangun rumah, itupun proyeknya turun Desember depan, jika yang di Aramiah kita tidak tahu, tidak ada data kita,” kata Rijal menjawab Orbitdigitaldaily.

Sementara itu, usai pengakuannya ke wartawan, sumber mendapat ancaman dari pihak pelaksana proyek pembangunan rumah merangkap aparatur desa setempat, karena sejak dilaporkan pada media terkait persoalan itu.

“Mereka bilang untuk apa melapor pada wartawan. kemudian aparatur desa di sini tidak teransparan, mereka meminta warga tidak mengkomplain proyek rumah itu, karena ditakutkan  tahun depan Desa Aramiah tidak mendapat bantuan kembali,” kata warga setempat.

Komentar Facebook
1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait