HeadlineSumatera Utara

Reses di Bohorok, Muhri Temukan Ketidakadilan Pembangunan Desa

Bahorok-ORBIT: Anggota DPRD Sumatera Utara Daerah Pemilihan (Dapil) Langkat-Binjai melakukan reses di Kecamatan Bahorok Langkat, Rabu (30/5/2018).

Di sela-sela reses, politisi Demokrat itu menemukan banyak ketidakadilan dalam pembangunan yang terjadi di Bahorok, Langkat.

Salah satunya adalah kondisi jalan rusak milik Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprovsu) menuju lokasi wisata Bukit Lawang. Muhri menilai, pembiaran jalan rusak adalah sebagai bentuk pengabaikan hak-hak rakyat kecil.

Faktanya salah satunya di Desa Suka Rakyat yang saya kunjungi. Ditemukan jalan milik pemerintah Kabupaten Langkat rusak berat, padahal jalan tersebut menghubungkan banyak desa menuju ke pusat kota kecamatan, tetapi sudah puluhan tahun tak pernah diperbaiki.

“Saya menemukan banyak ketidakadilan pembangunan yang terjadi secara berkelanjutan di daerah Kecamatan Bohorok ini. Selain perhatian yang minim terhadap kondisi jalan yang rusak milik pemerintah provinsi tujuan menuju ke lokasi wisata Bukit Lawang, saya juga menemukan indikasi pengabaian hak-hak rakyat kecil,” ujarnya.

Anggota DPRD ini juga menambahkan, ada hal lain yang tidak kalah penting menjadi bukti ketidak-adilan pembangunan yang terjadi di Desa Suka Rakyat tersebut, yaitu soal jembatan gantung yang menghubungkan antara desa dengan pusat kecamatan di Bohorok. Menurut dia, kondisi jembatan gantung yang melintasi Sungai Wampu tersebut sungguh memprihatinkan, bahkan sudah kelihatan tua.

Menurut informasi kepala desa dan rakyat, soal pembangunan jembatan gantung tersebut sudah berulangkali dimasukkan dalam Musrenbang kecamatan dan kabupaten agar ditampung dalam APBD Langkat.

Namun, hingga saat ini belum diperoleh informasi apakah usulan mereka melalui kecamatan dan kabupaten sudah disetujui oleh Bupati dan DPRD atau sama sekali tidak diperhatikan. Padahal jembatan ini setiap harinya dilalui masyarakat dengan berbagai alasan kepentingan sehari-hari.

“Saya berjanji akan membawa persoalan ini kepada gubernur dan mengingatkan pemerintah Kabupaten Langkat untuk menindaklanjuti permohonan masyarakat Desa Suka Rakyat Kecamatan Bohorok,” tukasnya. Or-10

Komentar Facebook

Artikel Terkait