RTH Dan TPI Tapaktuan Butuh Renovasi dan Penambahan Tanggul Pengaman

oleh -175 views
50 meter tanggul tampak rendah, sehingga membutuhkan penambahan agar lebih amanya jalan dan taman taman di RTH dan TPI Tapaktuan. (orbitdigitaldaily.com/Yunardi.M.IS)

ACEHSELATAN – Sepanjang 50 meter tanggul pengaman jalan dan taman di kawasan objek wisata Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Taman Pala Indah (TPI) Tapaktuan butuh renovasi.

Harapan itu datang dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Selatan, Mirzas. Kepada orbitdigitaldaily.com, ia mengatakan hampir tiap tahun pihaknya mengusulkan tentang tanggul yang masih rendah di kawasan objek wisata RTH dan TPI Kota Tapaktuan.

“Apalagi seperti sekarang ini, saat terjadinya Musim Barat, perubahan musim antara Musim Barat dan Timur menyebabkan gelombang naik sehingga menghantam badan jalan dan taman di kawasan objek wisata RTH dan TPI,” ujar Mirzas, Selasa (7/7/2020).

Alhasil, akibat hantaman gelombang laut taman bunga yang sudah tertata rapi akhirnya rusak dan mati.

“Kita sangat mengharapkan agar pihak Dinas PUPR Kabupaten Aceh Selatan maupun PUPR Provinsi Aceh bahkan pusat memerhatikan tanggul di kawasan objek wisata RTH dan TPI Tapaktuan. Kawasan ini merpakan satu-satunya tempat bersantai di sana,” harap Mirzas.

Sementara itu, Kepala PUPR Kabupaten Aceh Selatan M.Yunus melalui Kabid Sumber Daya Air, Rima kepada orbitdigitaldaily.com mengatakan, pada dasarnya mereka telah mengusulkan renovasi itu ke Pemprov Aceh.

“Namun untuk terealisasi atau tidaknya tahun ini kita belum tahu. Begitupun kami tetap berusaha dan berupaya mengusulkan kembali untuk rehab pembangunan tanggul di kawasan objek wisata TH dan TPI Tapaktuan,” pungkasnya. 

Reporter: Yunardi.M.IS