Rudiyanto Minta Djarot Lebih Baik Intropeksi Internal Partai

oleh -263 views
Rudianto

MEDAN- Anggota DPRD Kota Medan dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rudiyanto menanggapi komentar Plt Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Sumut, Djarot Syaiful Hidayat yang ada di media.

Pasalnya Djarot yang terang-terangan menuding mantan Gubernur Sumatera asal PKS, Gatot Pujo Nugroho sebagai dalang korupsi hingga membuat mantan Ketua DPD PDIP Sumut,  Japorman Saragih ikut terseret dan dijebloskan ke tahanan KPK.

Ketua Fraksi PKS Kota Medan ini mengatakan bahwa pergantian sementara Ketua DPD dari Japorman kepada Djarot Syaiful Hidayat diharapkan akan memberikan pelajaran politik yang santun di Kota Medan dan Sumut pada umumnya.

“Kalau pun akhirnya bapak Djarot berprilaku seperti sekarang ini sungguh sangat disayangkan. Apalagi memasuki suasana Pilkada Kota Medan pada Desember 2020. Kami berharap para politisi dapat memberikan pelajaran politik yang santun dan saling membangun Kota Medan tentunya,” katanya anggota DPRD Kota Medan dari fraksi PKS, Rudiyanto kepada orbitdigitaldaily.com, Jumat (24/7/2020).

Menurut Rudiyanto terkait kasus tersebut harusnya Djarot melakukan intropeksi internal partai bukan membawa nama fraksi PKS dalam kasus tersebut.

“Kalau bapak Djarot berakrobat seruduk sana seruduk sini karena kelimpungan akibat kasus-kasus korupsi kadernya. Kami pikir yang patut dilakukan adalah instropeksi internal partai kenapa hal ini bisa terjadi. Kalau kita mau bersabar, bapak Djarot dapat melihat tren partai politik yang terbanyak kadernya terjerembab kasus korupsi siapa? Setahu kami bahwa PKS berada pada posisi terendah pelaku korupsi di Indonesia dan kami terus melakukan instropeksi internal,” terangnya.

Rudiyanto berharap agar jangan saling tuding, marilah memberikan ketenangan dan pembelajaran politik yang santun kepada warga Medan dan Sumatera Utara.

Diketahui sebelumnya KPK menahan 11 anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 dan 2014-2019 yang berstatus sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap kepada anggota DPRD Sumut 2009-2014 dan 2014-2019.

Dari sebelas bekas anggota DPRD itu, terdapat kader PDI Perjuangan Sumut yaitu Syamsul Hilal dan Japorman Saragih

Sementara Plt DPD PDIP, Djarot Saiful Hidayat angkat bicara, terkait kasus yang menimpa Japorman Saragih.

Menurut Djarot, kasus tersebut merupakan bagian dari pusaran korupsi Mantan Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho yang merupakan kader PKS.

Reporter: Anton Samosir