Aceh  

Sambut Ramadan 2024, Pemkab Aceh Selatan Gelar Pasar Murah

Menyambut bulan suci Ramadhan 2024 Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Rabu 6/3/2024 menggelar gerakan pasar pangan murah

ACEH SELATAN | Untuk menekan inflasi pangan dan menyambut bulan suci Ramadhan 2024 Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Rabu 6/3/2024 menggelar gerakan pasar pangan murah yang bertempat di Dinas Pangan Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan.

Acara pembukaan gerakan pangan pasar murah juga dihadiri unsur forkopimda Dan dibuka langsung oleh Pj Sekda Ilham Sahputra.

Pantauan orbitdigitaldayli.com gerakan pangan pasar murah yang digelar hari in berupa telur, beras, minyak makan, gula, cabe dan bawang merah.

Sistim untuk mendapat berupa komoditi pangan murah tersebut harus menyerahkan Kartu Keluarga kk dan setiap warga mendapatkan satu paket dengan harga Rp.200.000. Dua ratus ribu rupiah.

Untuk perincian harga komoditi pangan murah beras primium 5 kg Rp47000.gula pasir Rp2 kg 26000, minyak goreng bimoli 2 liter Rp33000, telur ayam broiler 1 papan Rp46000,cabe marsh keriting 1/2 kg Rp15000 dan bawang merah 1/2 kg Rp15000 jumlah total Rp 200.000.

Demikian ungkap Kepala Dinas Pangan Yulizar SP MM melalui sekrestaris Dinas Pangan Firman SP yang didampingi Kabid ketersediaan dan Distribusi Pangan Hj Artis Eka Sari SH disela sela kegiatan gerakan pasar pangan murah.

Warga berbondong memanfaatkan pasar murah yang digelar Pemkab Aceh Selatan

Kepala Dinas Pangan Yulizar diwakili Sekretaris Dinas Pangan Kabupaten Aceh Selatan Firman.SP mengatakan di buatnya gerakan pangan murah ini bertujuan untuk menstabilitas pasokan dan harga pangan menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H, dan untuk mengendalikan inflasi, selain itu juga untuk membantu masyarakat memperoleh bahan pokok dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.

Hadir dalam Acara tersebut, Pj. Sekda Aceh Selatan, unsur Forkopimda, Plt Asisten ||| , Para Kepala Dinas terkait, Kepala Forum Bulog Cabang Blang Pidie Hamdani, ST MSi dan Muspika Kecamatan Tapaktuan.

Lanjutnya “Dasar dasar dari pada anggaran tersebut yaitu dari dana BTT (Belanja Tak Terduga) sebesar 65 juta yang rinciannya adalah 1000 paket, 500 paket yang pertama satu titik kita laksanakan di Kecamatan Tapaktuan pada hari ini, dan besok kita laksanakan di Kecamatan sama dua dengan jumlahnya 500 paket lagi,”

Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma SSTP yang dibacakan Pj Sekda, Ilham Sahputra SSTP MSi mengatakan, kalau Pemerintah Aceh Selatan melalui Dinas Pangan membuat gerakan pangan murah dalam rangka pengendalian inflasi dan menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1445 hijriah di kabupaten Aceh Selatan.

“Berbagai faktor dan permasalahan yang terjadi telah menyebabkan variasi pasokan dan harga pangan di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Aceh Selatan. Fluktuasi pasokan dan harga pangan kemudian berakibat pada ketidakpastian harga pangan,” paparnya.

Dan Hal ini, kata Pj. Sekda, memberikan dampak yang sangat merugikan bagi petani, peternak, pengolah, pedagang, hingga masyarakat sebagai konsumen, yang berpotensi menimbulkan keresahan sosial dan mempengaruhi inflasi.

“Pada saat inflasi terjadi, kenaikan harga pangan tentunya akan mempengaruhi daya beli masyarakat dan dapat mengurangi keterjangkauan masyarakat terhadap pangan,” bebernya.

Selanjutnya,menanggapi hal ini, sambungnya, Pemerintah Daerah bertindak cepat untuk berupaya mengendalikan inflasi pangan.

Terutama melalui dinas pangan, pemerintah Kabupaten Aceh Selatan bekerjasama dengan badan pangan nasional dan Dinas Pangan Provinsi Aceh, berupaya untuk mewujudkan stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui gerakan pangan murah (gpm) sebagaimana dilaksanakan pada hari ini.

“Melalui gerakan pangan murah, diharapkan dapat menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok baik di tingkat produsen maupun konsumen, serta meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Selatan,”ucanya.

Ia menambahkan, Beberapa hari lagi, kita akan menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Pemerintah daerah berharap kiranya pelaksanaan kegiatan gerakan pangan murah ini juga dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang Ramadhan, pungkasnya.

Reporter : YUNARDI.M.IS