Aceh  

Situs Sejarah Benteng Trumon dan Destinasi Wisata Pulau Dua Masuk Nominasi API Award 2022

Benteng sejarah Trumon dan pulo dua sebagai salah satu objek destinasi wisata Kabupaten Aceh Selatan. (orbitdigitaldaily.com/Yunardi)

ACEH SELATAN – Dua Destinasi Spot Wisata Aceh Selatan kembali masuk Nominasi 10 Besar pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisawa dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Muchsin kepada orbitdigitaldaily.com Selasa (10/5/2022) diruang kerjanya.

Lanjutnya dari semalam secara Live Zoom Youtube, Panitia API Award 2022 mengumumkan 10 besar Nominasi API Award 2022 dari 18 Kategori yang diperlombakan yang langsung kita ikuti secara live.

Kemudian dari hasil yang diumumkan pihak panitia API Award 2022 semalam, Dua Spot Destinasi Wisata Aceh Selatan masuk dalam Nominasi 10 Besar dari 18 Kategori yang diperlombakan dan yang di usulkan untuk tahun 2022 ini.

Dua Kategori yang lolos masuk Nominasi 10 besar dari Aceh Selatan yaitu Destinasi Wisata Benteng Trumon dari Kategori Situs Sejarah dan Destinasi Wisata Pulau Dua dari Kategori Destinasi Kreatif.

Sehingga dua usulan yang lolos ini pertama Nominasi Situs Sejarah kita ingin menggali kembali tentang potensi wisata sejarah yang ada di Aceh Selatan yang mana disini sudah adanya sejarah kerajaan Trumon yang masih ada bukti bukti sejarahnya sampai sekarang ini yang perlu kita jaga sebagai bagian dari cagar budaya yang harus kita lestarikan.

Dan yang kedua nominasi Destinasi Wisata Kreatif kita ingin mengembangankan spot wisata pulau dua yang sekarang sedang populernya dengan Dermaga Apungnya yang menjadi daya tarik bagi kaum milenial untuk bersua photo dipulau kecil ini.

Voting suara nanti akan dibuka panitia pada tanggal 1 Juli 2022 sd 31 Oktober 2022.

Untuk Dua Destinasi Aceh Selatan yang masuk nominasi sudah diberi Keywordnya yaitu API.12 A untuk Situs Sejarah Benteng Trumon dan API.15H untuk Destinasi Kreatif Pulau Dua.