Sosialisasi Evaluasi Gema Cermat dan Optimalisasi AoC, Ingatkan Warga Cerdas Konsumsi Obat

oleh -108 views
Bupati Aceh Selatan bersama dengan sejumlah AoC dan nara sumber yang hadir dalam acara sosialisasi Gema Cermat. (orbitdigitaldaily.com/Yunardi)

ACEH SELATAN – Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dalam mengkomsumsi segala jenis obat, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh mengadakan sosialisasi evaluasi pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Penggunaan Obat (Gema CerMat) dan Optimalisasi AoC di Kabupaten Aceh Selatan.

Acara yang berlangsung Kamis (12/9/2019) digelar di Hotel Dianrana Tapaktuan.

Hadir diantaranya Bupati Aceh Selatan yang diwakili Asisten II Setdakab H Zaini Bakri.

Diketahui sosialisasi evaluasi pelaksanaan Gema CerMat & Optimalisasi AoC ini dalam rangka mendukung Germas di kabupaten/kota.

Zaini mengatakan pembangunan di bidang kesehatan merupakan investasi jangka panjang.

“Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan dan kemandirian masyarakat agar hidup sehat. Harapannya masyarakat mampu mengenali dan mengatasi masalah kesehatannya mencakup aspek komprehensif yaitu aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif,” katanya di hadapan peserta yang hadir.

Kedepan menurut Zaini, upaya berkaitan aspek promotif dan preventif akan menjadi perhatian utama tanpa menghilangkan aspek kuratif dan rehabilitatif.

“Artinya upaya kesehatan haruslah sedini mungkin dilakukan sebelum menjadi sakit karena jika sudah sakit maka pembiayaan menjadi lebih mahal dan risiko gangguan kesehatan menjadi lebih besar,” paparnya.

Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan merupakan kegiatan yang sangat mendasar, sesuai dengan filosofi bahwa kesehatan merupakan hak azazi manusia.

Di sisi lain juga menjadi kewajiban, sehingga masyarakat harus berupaya menjaga dan mengatasi masalah kesehatannya secara mandiri sesuai batas kemampuan dan kewenangannya.

“Seperti diketahui salahsatu penyebab masalah kesehatan adalah berkaitan dengan penggunaaan obat secara tidak rasional yang mengakibatkan terapi kurang efektif dan efisien,” terang Zaini.

Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan penggunaan obat yang tepat dan benar, sangat diperlukan agar masyarakat sebagai konsumen mendapatkan pengetahuan dan informasi yang akurat.

“Kegiatan sosialisasi Gema Cermat yang akan kita canangkan ini diharapkan akan terus berkelanjutan menjadi jaringan informasi dan edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Aceh Selatan,” harapnya.

Peran aktif tenaga apoteker pada pelayanan kefarmasian dalam memberikan informasi dan edukasi bagi masyarakat juga diperlukan, kata Zaini.

“Selain itu kami harapkan peran aktif sektor terkait baik pemerintah, swasta, organisasi dan lembaga masyarakat, organisasi profesi, organisasi pemuda serta berbagai media informasi baik cetak maupun elektronik,” ujar Zaini lagi.

Reporter: Yunardi