Sukseskan Pemilu, Perindagkop UKM Tobasa Undur Hari Pekan Porsea

Gunakan Toa, Pegawai Disperindagkop UKM Tobasa umumkan perubahan jadwal pekan Porsea jadi Hari Kamis (18/4). ORBIT/Bernat

Porsea-ORBIT: Jadwal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang jatuh pada hari Rabu (17/4) dan berketapan hari pekan di Porsea kota menjadi suatu perbincangan yang cukup serius di antara pedagang pasar Porsea.

Karenanya, Rabu (10/4), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM membuat pengumuman perubahan jadwal pekan Porsea yang telah berlangsung selama ratusan tahun itu.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM Kab, Tobasa, Marsarasi Simanjuntak SP melalui Sekretarisnya, Manuntun Sagala saat dihubungi Kamis (11/4) menyebutkan telah menyurati Pengelola Pasar Pekan Porsea tentang perubahan jadwal pekan (Onan).

Dalam surat maupun selebaran tersebut, Manuntun menyebutkan bahwa hari Pekan Porsea diundur menjadi hari Kamis (18/4). “Selain surat, kami juga mengumumkannya langsung pakai Toa kemarin,” jelasnya.

Disebutkannya, bahwa dalam pelaksanaan Pemilu nanti, pihak KPPS Kelurahan Pasar Porsea akan menggunakan beberapa Balairung yang terdapat di pasar tradisional Porsea sebagai lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Secara sepenuh hati dan tenaga, kami mendukung pelaksanaan Pesta Demokrasi terbesar dan terumit di Dunia ini dapat berlangsung dengan sukses,” pungkasnya.

Sementara itu, Parlindungan di kantornya mengatakan sebanyak 4 TPS akan dibangun untuk melaksanakan Pemilihan Caleg dan Capres.

“Keempat TPS itu dibangun di dalam pasar Pekan Porsea,” sebutnya didampingi Edward Sidabutar, Lurah Pasar Porsea.

Menanggapi pengumuman itu, Vivi Manurung, yang setiap Rabu berjualan di pasar Lamban Datu Porsea, mengapresiasi kebijakan yang dikeluarkan Pemkab Tobasa itu mengundurkan hari Pekan Porsea.

“Pesta Demokrasi pada Rabu 14 April nanti akan berlangsung sebagai repleksi kedaulatan penuh di tangan rakyat. Semoga Pemilu itu berlangsung dengan lancar, aman, kondusif dan penuh kebahagiaan,” harap Vivin. Od-Bbt