Sultan Langkat Apresiasi Gubernur Edy Rahmayadi

oleh -723 views
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menghadiri Pencanangan Pembangunan Unit Sekolah Baru SMA Negeri 2 Besitang dan SMK Negeri 1 Pematang Jaya di Kelurahan Kampung Lama, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Rabu (26/2/2020). (orbitdigitaldaily.com/dokumen)

LANGKAT – Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al-Hajj mewakili masyarakat adat dan masyarakat Kabupaten Langkat mengucapkan terima kasih atas kepedulian Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi terhadap pendidikan dan pembangunan SDM Langkat.

Apresiasi itu disampaikan langsung Sultan Langkat kepada Gubsu ketika acara Pencanangan Pembangunan Unit Sekolah Baru SMA Negeri 2 Plus Besitang dan SMK Negeri 1 Pematang Jaya, Rabu (26/02/20), di Kelurahan Kampung Lama Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat.

“Tadi saya diminta untuk istirahat, tapi saya harus datang walau saya sakit. Atas nama masyarakat adat dan masyarakat Langkat, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga. Pembangunan sekolah ini merupakan langkah yang luar biasa,” ungkapnya

Pujian lain juga diberikan Sultan Langkat untuk kepedulian Edy Rahmayadi yang memerhatikan makam Pahlawan Nasional asal Melayu, Tengku Amir Hamzah.

“Awal kenal saya tak banyak tahu tentang Gubernur Edy Rahmayadi. Tetapi ternyata perhatiannya untuk Sumut luar biasa. Salah satunya pada sejarah. Ia berencana memindahkan makam pahlawan nasional asal Melayu, Amir Hamzah di tempat yang lebih baik,” sebutnya.

Sementra itu, Edy Rahmayadi dalam sambutannya menyampaikan, pendidikan merupakan visi unggulan.

“Mustahil kita bisa maju jika SDM nya tidak didukung dengan pendidikan yang layak,” katanya

Dengan SDM unggul, lanjut Gubsu, maka SDA yang berlimpah mampu dikelola dengan maksimal. Seperti negara Singapura, meskipun SDA nya tidak sebanyak Indonesia, bisa menjadi sangat maju karena kualitas SDM-nya unggul.

“Sumut ini SDA nya melimpah, sekarang SDM nya yang harus kita buat unggul,” ujarnya

Sebelumnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Stabat Dinas Pendidikan Sumut Ichsanul Arifin memaparkan rancangan desain kedua sekolah yang akan dibangun.

“Untuk SMA Negeri 2 Plus Besitang akan dibangun di atas lahan seluas 6 hektare yang merupakan hibah dari Yayasan Husein dengan pagu anggaran Rp7,5 miliar”, terangya.

Kemudian, Ichsanul Arifin juga menjelaskan, untuk SMK Negeri 1 di Kecamatan Pematang Jaya Langkat akan dibangun di lahan seluas 2 hektar yang merupakan hibah dari Pemkab Langkat dengan pagu anggaran Rp3,8 miliar.

Fokus SMK ini utamanya adalah agribisnis. Groundbreaking kedua sekolah ini akan mulai pada bulan Juni.

Diketahui pencanangan pembangunan unit sekolah baru ditandai dengan melakukan penebangan pohon sawit oleh Gubsu Edy Rahmayadi di lokasi pembangunan SMA Negeri 2 Plus Besitang.

Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan SK Kenaikan pangkat guru periode Oktober 2019.

Turut hadir dalam pencanangan tersebut Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemprovsu Arsyad Lubis, unsur Forkopimda Langkat, OPD Pemkab Langkat dan Pemprov Sumut, Razali Husein mewakili Yayasan Husein, para kepala sekolah, guru dan siswa, tokoh adat, tokoh masyarakat, ormas serta organisasi pemuda, dan masyarakat Sumut.

Reporter: Dodi Hamzah Pohan