Headline

Tak Semua Penerima Duit Jadi Tersangka, Pengusutan Kasus Suap Gatot Seperti Kredit Motor

Medan-ORBIT: Satu persatu janji Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut dugaan mega korupsi suap dari mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho ke DPRD Sumut sudah terbukti. Sasaran tembaknya, 38 mantan mantan dan anggota DPRD periode 2009-2014 dan 2014-2019, 9 orang sudah dijebloskan ke penjara.

Minggu lalu, KPK di bawah pimpinan Agus Raharjo cs secara mengejutkan menahan anggota DPR RI, Fadly Nurzal. Usia diperiksa, poltisi PPP itu langsung mengenakan rompi orange. Fadly adalah merupakan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014.

Pemanggilan selanjutya, Rijal Sirait (Anggota DPR RI) bersama Rinawati Sianturi (Fraksi Partai Hanura), Roslynda Marpaung (Fraksi Partai Demokrat) juga sijebloskan ke penjara. Tak hanya sampai di situ, tiga hari lalu KPK juga menahan Muslim Simbolon (Fraksi Partai PAN), Helmiati dan Sony Firdaus (Fraksi Partai Gerindra) juga ditahan di lembaga KPK, Jakarta.

Terbaru hari ini, Rabu (11/7) Mustofawiyah Sitompul, Tia Isah Ritonga resmi ditahan penyidik. Namun Arifin Nainggolan gagal ditahan lantaran sakit.

Meski KPK secara estafet terus-menerus mengusut dugaan mega korupsi di Sumut, berbagai tanggapan tetap datang dari masyarakat. Anehnya, KPK tidak menetapkan anggota dewan jadi tersangka meski sudah memulangkan uang ke KPK. Penetapan tersangka dan penahanan yang berulang-ulang dilakukan KPK terkesan seperti mencicil.

“Penegakan hukum janganlah dilakukan seperti mencicil kredit motor. Brilian dan Evi harus digeret ke KPK,” kata Ketua Forum Masyarat Sumatera Utara, Forsu Ahmad Faisal Nasution, Rabu (11/7/2018) di Medan.

Menurut dia, semua mantan anggota dewan Sumut yang telah mengembalikan uang ke KPK harus ditetapkan menjadi tersangka.

“Masyarakat Sumut tidak mau penuntasan hukum soal suap mantan Gubsu terhadap anggota DPRD Sumut tebang pilih. Karena semua orang tahu Evi Diana dan Brilian Moktar sudah mengembalikan uang ke KPK,” jelasnya.

Komentar Facebook
1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait