InfotainmenRagam

Tao Silalahi Arts Festival Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

Dari Festival Ekologi, Seni, Kopi Hingga Doa Bersama

Medan-ORBIT: Gelaran Tao Silalahi Arts Festival kembali digelar. Acara yang digagas oleh Rumah Karya Indonesia (RKI) bersama dengan masyarakat di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi ini menjadi agenda tahunan untuk mengenalkan Tao Silalahi sebagai obyek wisata berbasis budaya dan lingkungan.

Tahun ini, kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 20-22 Juli 2018 dengan konsep Geopark Kaldera Toba. “Ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Sasaran kegiatannya agar seluruh masyarakat publik mengenal Tao Silalahi sebagai obyek wisata berbasis budaya dan lingkungan,” ujar Ojax Manalu selaku Direktur RKI kepada ORBIT, Rabu (4/7/2018)

Acara ini, lanjut Ojak juga untuk mempublishkan kepada masyarakat luas bahwa Tao Silalahi adalah bagian dari Danau Toba yang keberadaannya diakui kurang perhatian pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dibandingkan daerah lainnya di Danau Toba.

“Tao silalahi sebagai daerah lokawisata yang akan di ekspos dikarenakan merupakan salah satu daerah yang berada di kabupaten Dairi dan letaknya di sekitar pinggiran Danau Toba. Tao Silalahi juga diketahui memiliki lokasi wisata pantai yang sangat indah,” katanya.

Menurut sumber, lanjutnya, diperkirakan mencapai 28 km. Perairan Danau Toba di Kecamatan Silahisabungan merupakan palung terdalam yang ada di dunia, dengan kedalaman mencapai 905 meter. Tak hanya itu, Tao Silalahi juga merupakan bagian dari Danau Toba yang paling luas. Bukan hanya pantai, penduduk di Kecamatan Silahisabungan ini juga masih sangat menjunjung tinggi adat kebudayaan.

Acara ini, lanjutnya akan diisi dengan Festival Seni yang diisi oleh Seniman berkolaborasi dengan Masyarakat setempat. Festival ekologi dengan penanaman 3000 bibit buah dan bersih-bersih tao dan festival kopi dengan talkshow kopi, arts coffee,stand coffee, dan 4000 ngopi pagi kopi Sidikalang juga akan menambah kemeriahan gelaran tersebut.

Wakil DirekturRKI, Hermanto Situngkir didampingi Andi Siboro juga menambahkan, bakal ada yang seru dari kegiatan 1000 Tenda tahun ini karena ada Onan Camp, Kayaking, dan Jelajah Silahisabungan. “Pada Kegiatan Tao Silalahi Arts Festival ini juga kita bersama komunitas seni, komunitas lingkungan, komunitas pemuda dan masyarakat di Kecamatan Silahisabungan akan melakukan acara Doa Bersama atas peristiwa-peristiwa yang terjadi di Danau Toba,” katanya. (OD-02)

Komentar Facebook
Tags

Artikel Terkait