Terkelin : Donor Darah dapat Menjaga Kesehatan Jantung

oleh -137 views
Rutinitas Terkelin mendonorkan darahnya di RSU Kabanjahe, setiap enam bulan sekali. (Foto/Daniel Manik)

TANAH KARO – Donor darah dapat menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, meningkatkan produksi sel darah merah, memperpanjang usia dan mendeteksi penyakit serius. Melakukan donor darah secara teratur juga dapat menurunkan kekentalan darah. Salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit jantung adalah karenan terjadinya kekentalan darah didalam tubuh.

hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana, di dampingi Kadis Kesehatan Drg Irna Safrina Meliala, Direktur RSU dr Arjuna Wijaya, Sabtu (7/12) di Kabanjahe.

Menurutnya, donor merupakan bagian dari menjaga kesehatan diri kita sendiri, bahkan dirinya secara teratur melakukan donorsetiap 6 bulan sekali, “tujuan utamanya untuk kesehatan,” ujarnya.

“Kegiatan donor darah bisa dilakukan secara berkelanjutan. Kemudian masyarakat diajak rutin secara berkala melakukan donorsebaik mungkin guna menjaga kebugaran tubuh, caranya mari ikuti program dinas kesehatan lebih mencegah dari pada mengobati,” tuturnya.

Terkelin berpesan kepada pihak RSU Kabanjahe, supaya darahnya yang sudah didonorkan itu, berikanlah kepada pasien yang memerlukan darah, sesuai dengan golongan darahnya, ini juga bagian dari bentuk kemanusiaan,”

Sementara, Kadis Kesehatan drg Irna safrina Meliala mengapresiasi sikap kepedulian Bupati Karo dalam menjaga kesehatan melalui donor darah,

“Donor yang dilakukan Bupati, merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana menerapkan pola hidup sehat. Sebab dengan donor darah yang dilakukan secara berkala akan berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh,” ujarnya.

Reporter : Daniel Manik