HeadlineHukum & Kriminal

Terseret di OTT KPK, Bawas MA Periksa Ketua dan Waka PN Medan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) sejumlah hakim di Pengadilan Negeri Medan, Selasa (28/8/2018) lalu.

Dua di antaranya yakni Ketua PN Medan Marsudin Nainggolan dan Waka PN Medan Wahyu Setyo Wibowo. Keduanya terpaksa diboyong ke gedung KPK karena diduga terlibat dalam kasus suap yang melibatkan pengusaha Tamin Sukardi.

Atas dasar itulah, Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung (MA) melakukan pemeriksaan terhadap ’wakil Tuhan’ tersebut.

“Saat ini ketua dan wakil ketua PN Medan sedang dalam pemeriksaan tim Bawas MA,” kata pejabat Humas PN Medan Erintuah Damanik, Kamis (30/8/2018), dilansir detikcom.

Pemeriksaan terhadap hakim Marsudin dan Wahyu dilakukan di salah satu ruangan di PN Medan. “Pemeriksaan internal dan tertutup,” ujarnya.

Hakim Marsudin dan Wahyu termasuk hakim Sontan Merauke Sinaga dilepas KPK setelah ikut diamankan dalam OTT di PN Medan. Ketiganya berstatus saksi dalam kasus dugaan suap dengan tersangka hakim adhoc PN Medan Merry Purba.

Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan duit suap dari pengusaha Tamin Sukardi ke hakim PN Medan Merry Purba untuk meringankan vonis terhadap Tamin.

Tamin menjalani sidang putusan (vonis) pada 27 Agustus. Tamin divonis pidana 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan dan uang pengganti Rp132 miliar.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan serta uang pengganti Rp 132 miliar.

“Dalam pembicaraan kita ketahui ingin hukuman jauh lebih ringan di dalam komunikasi juga ada yang menjelaskan terhadap peran hakim MP kalau sudah mendukung 1000 persen. Jadi kaitan ke situ sudah ada sekali oleh karena itu uang ini untuk meringankan hasil putusan,” sambung Agus.

Tamin lewat perantara memberikan uang total SGD 280 ribu ke hakim Merry Purba. Dipastikan Agus, KPK tetap mengembangkan penyidikan perkara dugaan suap ini.

Komentar Facebook
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button