Ubah Stigma, BPN Aceh Singkil Janji Dahulukan Warga yang Urus Sendiri Sertifikatnya

oleh -205 views
Bupati Dulmusrid menerima cendramata dari Kepala BPN dalam mendukung Deklarasi Zona Integritas di Kantor BPN Aceh Singkil, Senin (7/9/2020). (orbitdigitaldaily.com/Saleh)

ACEHSINGKIL – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Singkil mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengurusan sertifikat ke kantor langsung.

Sebab katanya, untuk pelayanan, pihaknya akan mendahulukan pengurusan pribadi masyarakat yang langsung datang ke kantor BPN.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Singkil M Nuzun, kepada orbitdigitaldaily.com, usai penandatangan bersama Zona Integritas (ZI), di halaman Kantor BPN Aceh Singkil di Desa Pulo Sarok, Senin (7/9/2020).

Hal itu dirasa perlu menurut Nuzun karena selama ini masyarakat menaruh stigma terhadap BPN.

“Karena selama ini masyarakat takut dan kebanyakan pengurusan diwakilkan, dan kita akan hilangkan kesan itu,” sebutnya.

Penandatangan bersama Piagam dalam Deklarasi Zona Integritas (ZI) tersebut dalam upaya menciptakan pelayanan menuju pemerintahan yang transparan, berkualitas efektif dan akuntabel.

Kantor BPN Kabupaten Aceh Singkil melakukan penandatanganan bersama bupati, serta unsur lainnya, untuk mewujudkan komitmen bersama, dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permen PAN & RB) No. 11 Tahun 2015, tentang Road Map Reformasi Birokrasi yang bertujuan untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien serta birokrasi pelayanan publik yang berkualitas.

“Ini merupakan wujud pencanangan secara eksternal ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), sebagai penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik,” sebutnya.

Nuzun menjelaskan meski baru diresmikan hari ini, namun pelaksanaan ZI sudah berlangsung setahun lalu.

Sebab untuk perbendaharaan setahun ini tidak ada lagi. Semua pengurusan hanya sampai batas loket pendaftaran.

“Pembayaran semua melalui transfer Bank, tidak lagi tunai di kantor BPN,” ucapnya.

Disebutkannya, sampai saat ini BPN Aceh Singkil untuk Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sudah selesai sebanyak 1.650 sertifikat.

“BPN juga akan menyelesaikan sertifikat di wilayah Pulau Banyak sesuai permintaan Bupati Aceh Singkil,” bebernya.

Bupati Dulmusrid dalam pidatonya mengatakan, penandatanganan ZI merupakan wujud komitmen dan kesungguhan dalam upaya mencegah korupsi dalam meningkatkan pelayanan masyarakat.

Bupati berpesan, agar BPN dan Dinas Pertanahan terus berkoordinasi dan membangun komunikasi yang baik, untuk menyelesaikan persoalan sengketa tanah baik dalam Pemerintah maupun masyarakat.

Sebab perselisihan tanah dapat berakibat fatal dan bisa berakhir kehilangan nyawa. Semoga semua sengketa bisa diselesaikan, harapnya yang meminta deklarasi tersebut bisa diikuti SKPK lainnya.

Kegiatan serangkaian dilakukan penghijauan halaman Kantor BPN Aceh Singkil dengan penanaman bersama pohon buah-buahan, serta peletakan batu pertama Mushola Al Munawaroh Kantor BPN dan penyerahan sertifikat Aset tanah Pemda, Polres Aceh Singkil, dan Denpom Aceh Singkil.

Reporter: Saleh

Foto: Bupati Dulmusrid menerima cendramata dari Kepala BPN dalam mendukung Deklarasi Zona Integritas di Kantor BPN Aceh Singkil, Senin (7/9/2020).