HeadlineKota Medan

Untuk Buka Puasa Bersama, Panwascam se-Medan Dikutip Rp450 ribu

Medan ORBIT : Hari ini, (Minggu 27/5/2018)  Panwas Kota akan melaksanakan buka puasa bersama dengan sejumlah anak yatim. Namun sejalan dengan kegiatan itu tersiar kabar untuk menyukseskan acara itu seluruh Panwas Kecamatan dikutip dana senilai Rp450 ribu. Jika dikalikan 21 kecamatan maka dana uang terkumpul senilai Rp9.450.000

Sejumlah komisioner Panwascampun mengeluhkan kegiatan ini sebab anggarannya tidak ada dimasukkan dalam anggaran Panwascam.

“ Sejak saya menjadi Panwascam baru kali ini ada kegiatan buka puasa bersama dengan anak yatim. Kegaiatannya sangat baik cuma tidak ada dianggarkan dalam anggaran kita,” sebut salah seorang anggota Panwascam yang namanya enggan ditulis kepada Orbitdigitaldaily Sabtu malam (26/5/2018).

Dijelaskannya secara pribadi dirinya merasa heran karena kegiatannya tidak dianggarkan sebab anggaran Panwascam ini merupakan berbasis kinerja bukan dadakan. ”Kalaupun ada anggaran dari Panwascam kami itu jelas tidak melalui mekanisme yang ada dan itu merupakan kebijakan sekretaris Panwascam,” sebutnya lagi.

Sementara itu pengamat Sosial dan Budaya Hamdan Noor Manik ketika diminta pendapatnya tentang kegiatan berbuka puasa Panwas Kota Medan dengan mengutip anggaran senilai Rp450 ribu menyatakan kegiatan berbuka puasa itu bagi orang beriman merupakan bagian dari ibadah sebab puasa merupakan rukun Islam yang ketiga.

“Jadi berbuka puasa bersama itu merupakan ibadah bukan ikut ikutan trend. Apalagi kalau berbuka puasa dengan orang yang tidak diwajibkan berpuasa itu namanya bukan buka puasa bersama?  Sementara dia tidak puasa jadi apa yang dia buka?,” kata Hamdan.

Hamdan juga mempertanyakan dari mana anggaran Rp450 ribu itu diadakan oleh Panwascam kalau tidak ada dalam mata anggaran mereka.” Jangan sampai Panwascam itu ‘mencuri’ anggaran untuk menutupi anggaran berbuka puasa itu,” sebut Hamdan.

Ketua Panwas Kota Medan Hendri Sitinjak ketika dikonfirmasi terkait masalah ini melalui Whatsappnya hingga berita ini dinaikkan belum menjawab. Hal yang sama juga dengan Sekretaris Panwas Kota Medan juga tidak memberikan jawaban. or-13

Komentar Facebook
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait