Waspada, Cuaca Panas Masih Melanda Sumut Dua Hari Kedepan

oleh -32 views
CUACA EKSTRIM: Salah seorang warga menggunakan pelindung dari cuaca panas. ORBIT/ist

Medan-ORBIT: Dua hari kedepan cuaca panas masih melanda di wilayah Sumatera Utara. Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap hal-hal yang dapat memicu kebakaran dan gangguan kesehatan, termasuk mengurangi aktifitas di luar tumah.

Peringatan ini disampaikan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan, kepada orbitdidgitaldaily.com, Rabu (15/8/2018).  Sejak kemarin cuaca mencapai 37,6 derajat celcius.

Cuaca ekstrim disebabkan adanya Tropical Storm atau BEBINCA di perairan Laut Cina Selatan, mengakibatkan pola angin bersifat divergen (menyebar) ke Sumatera Utara sehingga pertumbuhan awan untuk bergabung sulit karena adanya angin tersebut.

“Cuaca saat ini mungkin tidak melebihi cuaca yang kemarin. Tidak akan mungkin dalam waktu satu atau dua jam naik tiga derajat celcius sekaligus. Penyebab cuaca panas ini karena awan-awan berhamburan akibat angin dari Laut Cina Selatan dan mengakibatkan susahnya pembentukan kadar kelembapan udara untuk hujan,” kata Lestari Irene Purba, staf BMKG Medan.

Khusus hari ini cuaca mencapai suhu 34,6 derajat celcius pada pukul 13.00 WIB. Kenikan suhu maksimal terjadi pada pukul 14.00-15.00 WIB.

“Kemungkinan pada malam hari akan ada pertumbuhan awan (prediksi hujan). Diperkirakan untuk dua hari kedepan akan turun hujan pada malam hari,” ujar Lestari.

Sebelumnya, BMKG menjelaskan dari pantauan citra satelit Himawari-8 pada 14 Agustus 2018 menunjukkan tidak ada pertumbuhan awan dari pagi hingga sore hari . Sedangkan untuk kondisi Suhu Permukaan Laut di wilayah pantai  barat Sumatera dan Selat Malaka relatif cukup hangat berkisar antara 30 sd 31 OC.

Berdasarkan Pantauan Udara Atas , angin di lapisan 925 – 200 mb cukup kencang 20 – 58 knot dan kelembapan udara cukup kering 30 – 80 %,  sehingga pertumbuhan awan cukup sulit terbentuk di wilayah sumatera utara. cw-yun/ cw-wid